SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN LADDER DRILL DAN LATIHAN KONVENSIONAL TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN PEMAIN SEPAKBOLA DI SSB PURBAYA USIA 10-13 TAHUN KOTA MADIUN

Mohammad Taufikur Rokhman

Abstrak


ABSTRAK

 

Permainansepakbolaadalahpermainan bola besar yang dimainkanoleh 2 regu, setiapreguterdiridari 11 pemain. Tujuandaripermainansepakbolaadalahmemasukkan bola kegawanglawandanmempertahankangawangnya agar tidakkemasukan. Dalampermainansepakboladiperlukankomponenkondisifisikkelincahanuntukmelewatilawansaatmenggiring bola ataupergerakantanpa bola,di dalamkelincahanterdapatunsur yang sangatpentingyaitukelentukan, keseimbangandankecepatan, sehinggapemaintidakmudahjatuhsaatkontakbadandenganlawandan bias bergerakmelewatilawandengancepat.

Tujuandilakukanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhlatihanladder drillterhadapkemampuankelincahanpemainsepakbola di sekolahsepakbolapurbaya Kota Madiunusia 10-13 tahun.

Penelitianinimenggunakanmetodeeksperimensungguhandengansampelpenelitian 30 pemainsekolahsepakbolapengambilansampelmenggunakan Teknik random sampling. Rinciansampelkelompokeksperimenyaitu15siswadansampelkelompokkonvensional15siswa. Teknik pembagiankelompokmenggunakanteknikordinal pairing matching. Kelompokeksperimendiberiperlakuanmenggunakan program latihandaripenelitiberupalatihanladder drill. Kelompokkonvensionaldiberiperlakuanberupa program latihan yang disusunolehpelatih. Penelitianinidilakukan 2 kali tes, yaitutesawaldantesakhirpadamasing-masingkelompoklatihan.

Hasildaripenelitian, skordianalisismenggunakanteknikanalisisuji tpadatarafsignifikansi α = 0,05. Dari ujitersebutbahwakelompoklatihanladder drillpadakelompokeksperimendiperolehThitung = 264,093lebihbesardariTtabel = 2,145, sehinggamemberikanpengaruh yang signifikan, sedangkankelompoklatihankonvensionaldiperolehThitung = 67,97lebihbesardariFtabel = 2,145, sehinggamemberikanpengaruh yang signifikan. perbedaankelompokeksperimendengankelompokkonvensionaldiperolehThitung = 1,168 lebihkecildariTtabel = 2,145, sehinggatidakadaperbedaan yang signifikan. Walaupundalamujistatistiktidakmenunjukkanperbedaan yang signifikantetapi rata-rata peningkatankelompoklatihanladder drill lebihbaikdibandingkanlatihankonvensional.

 

Berdasarkanhasilskor yang sudahdianalisis,dapatdisimmpulkankeduakelompokmemberikanpengaruh yang signifikan. Saran yang dapatdiberikankepadapelatihsiswasekolahsepakbolaPurbaya Kota Madiunusia 10-13 tahunhendaknyamenggunakanlatihanladder drilluntukmeningkatkankelincahanpara siswasekolahsepakbolaPurbaya Kota Madiun.