SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN KEMAMPUAN MOTORIK ANTARA SISWA SD KELAS 3 PUTRA SDN PUCANG 3 YANG BERADA DI PUSAT KOTA DAN SDN PANGKEMIRI 1 DI PINGGIR KOTA KABUPATEN SIDOARJO

Al Azhar Rosa Kurnia

Abstrak


ABSTRAK

 

Perkembangan gerak atau perkembangan motorik merupakan salah satu faktor perkembangan setiap individu karena pada gerak motorik akan berpengaruh bagi kemampuan motorik selanjutnya. Kecepatan perkembangan motorik atau gerak dipengaruhi oleh kesempatan dan keleluasaan dalam siswa melakukan aktivitas gerak, lingkungan dan kebiasaan dalam bermain juga berpengaruh terhadap kemampuan motorik siswa. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan motorik antara siswa SD kelas 3 putra SDN Pucang 3 yang berada di pusat kota dan SDN Pangkemiri 1 di pinggir kota Kabupaten Sidoarjo.

Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian komparatif menggunakan sampel sebanyak 40 siswa SD kelas 3 putra yang dibagi menjadi 2 kelompok yang terdiri dari: kelas 3 putra SDN Pucang 3 berjumlah 20 siswa di pusat kota dan SDN Pangkemiri 1 berjumlah 20 siswa di pinggir kota Kabupaten Sidoarjo. Instrumen tes yang digunakan ada 5 butir tes yang meliputi: kecepatan, keseimbangan, koordinasi dan kelincahan, dan kelentukan. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis uji beda T cuplikan kembar.

Hasil penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan untuk kemampuan motorik 1) kelentukan (thitung 3,735 > ttabel(0,05) 2,024), 2) kecepatan (thitung 2.382> ttabel(0,05) 2,024),  dan 3)  kelincahan (thitung 5,592 > ttabel(0,05) 2,024), sedangkan yang tidak terdapat perbedaan yang signifikan untuk kemampuan motorik 4) keseimbangan (thitung 1,459 < ttabel(0,05) 2,024) dan 5) koordinasi (thitung 0.715< ttabel(0,05) 2,024). Secara keseluruhan ada perbedaan kemampuan motorik yang signifikan (thitung 3,234 > ttabel(0,05) 2,024) antara siswa SD kelas 3 putra SDN Pucang 3 yang berada di pusat kota dan SDN Pangkemiri 1 di pinggir kota Kabupaten Sidoarjo.

 

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan motorik untuk 1) kelentukan, 2) kecepatan dan 3) kelincahan ada perbedaan, sedangkan 4) koordinasi dan 5) keseimbangan relatif sama. Dari semua item disimpulkan ada perbedaan kemampuan motorik siswa SD kelas 3 putra SDN Pucang 3 yang berada di pusat kota dan SDN Pangkemiri 1 di pinggir kota Kabupaten Sidoarjo. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan lebih menyempurnakan penelitian yang sejenis, populasi dan sampel ditambah agar bisa representatif supaya bisa membedakan pusat (kota) dan pinggir (desa).