SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Pliometrik Terhadap Peningkatan Power Otot Lengan Atlet Ekstrakurikuler Bolabasket SMP Laboratorium UM Kota Malang.

Anggra Yudha Andrean Pradana

Abstrak


ABSTRAK

 

Pada olahraga bolabasket untuk remaja juga sangat dibutuhkan latihan fisik. Sebagai salah satu komponen fisik yang sudah dapat diberikan pada masa remaja, daya ledak (power) juga merupakan komponen fisik yang diperlukan dalam bolabasket, seperti daya ledak otot lengan yang sangat diperlukan dalam melakukan passing maupun shooting bolabasket. Kemampuan daya ledak otot lengan dapat ditingkatkan dengan pemberian program latihan pliometrik untuk otot lengan yang dalam penelitian ini terdapat beberapa model latihan pliometrik untuk otot lengan yang dilakukan di SMP Laboratorium UM Kota Malang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan pliometrik terhadap peningkatan power otot lengan atlet ekstrakurikuler bolabasket SMP Laboratorium UM Kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian pra-eksperimental yang berbentuk “One Group Pretest-Posttest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet laki-laki ekstrakurikuler bolabasket SMP Laboratorium UM Kota Malang dengan jumlah atlet laki-laki sebanyak 20 orang, dan diambil seluruhnya untuk dijadikan sebagai sampel penelitian karena jumlah atlet laki-laki yang terbatas. Atlet diberi perlakuan sebanyak 18 kali pertemuan selama 6 minggu.

Pengambilan data dilakukan dua kali, yakni dengan pre-test yang diberikan sebelum perlakuan dan post-test yang diberikan setelah pertemuan terakhir perlakuan. Instrumen yang digunakan berupa tes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan daya ledak otot lengan atlet. Teknik pengumpulan data menggunakan tes melempar bola basket milik Lumintuarso (2013:179). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis uji-t amatan ulang (Paired Samples T Test) menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics 22.

Hasil dari analisis data uji t amatan ulang memperoleh t hitung sebesar 2,790 lebih besar dari nilai t tabel dengan taraf signifikansi 0.05 sebesar 2.093, berarti kemampuan daya ledak (power) otot lengan atlet ekstrakurikuler bolabasket SMP Laboratorium UM meningkat. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara latihan pliometrik terhadap peningkatan power otot lengan atlet ekstrakurikuler bolabasket SMP Laboratorium UM Kota Malang. Saran untuk penelitian selanjutnya, diharapkan melalui penelitian lain dapat disajikan sebagai bekal untuk mengkaji lebih dalam serta dikembangkan dalam bentuk penelitian lain dengan variabel bebas yang berbeda atau ditambah dengan variabel kontrol dengan subjek penelitian yang lebih luas.Lesanpuro Malang, dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: (1) Penyediaan lingkungan, (2) Tangkapan guru atas ekspresi anak (3) Respon terhadap perilaku anak (4) Stimulasi belajar berdasarkan respon anak, (5) Pemberian bantuan bimbingan belajar (6) Negosiasi pemahaman anak, (7) Penguatan atas ekspresi atau pengkomunikasian perolehan belajar anak,(8) Ajakan untuk meninjau ulang perolehan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  finger painting terbukti mengembangkan kreativitas anak diketahui bahwa KD 2.3 pada siklus I jumlah anak yang mencapai sebanyak 8 anak kemudian meningkat menjadi 12 anak pada siklus II. Hal yang sama terjadi pada KD 4.5 pada siklus I jumlah anak yang mencapai 7 anak kemudian meningkan menjadi 11 anak pada siklus II. KD 4.15 juga mengalami peningkatan dari 8 anak pada siklus I menjadi 12 anak pada siklus II.

 

Peneliti memberikan kesimpulan bahwa penerapan finger painting dapat mengembangkan kreativitas anak. Peneliti juga memberikan saran bagi peneliti lain untuk menambah warna tidak hanya warna dasar atau menggunakan metode pembelajaran dalam pengembangan aspek perkembangan anak seperti bahasa atau seni demi pemahaman yang lebih baik dalam penerapannya.