SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Service Bawah Sepaktakraw untuk Atlet Junior Club Bhina Satria di Kabupaten Blitar

Muchamad Dwi Hanavi

Abstrak


ABSTRAK

 

Hanavi Dwi, Muchamad. 2017. Pengembangan Model Latihan Service Bawah Sepaktakraw untuk Atlet Junior Club Bhina Satria di Kabupaten Blitar. Skripsi, Program Studi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sulistyorini, M.Pd, (II) Dr. Roesdiyanto, M.Kes.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Model Latihan Service Bawah, Sepaktakraw.

Service adalah sepakan yang digunakan untuk memulai jalannya permainan sepaktakraw. Teknik menyepak bola takraw melewati net dengan menggunakan salah satu kaki bagian dalam dan kaki lain sebagai tumpuan. Kenyataannya yang ada di lapangan khususnya pada Klub Bhina Satria di Kabupaten Blitar, model latihan service bawah sepaktakraw sangat monoton dan atlet cenderung merasa bosan, sehingga diperlukan banyak model latihan service bawah sepaktakraw. Untuk itu peneliti akan mengembangkan model latihan service bawah sepaktakraw yang nantinya dapat dijadikan sebagai acuan oleh pelatih dalam menerapkan model latihan yang dibutuhkan.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan model latihan service bawah sepaktakraw untuk atlet junior Club Bhina Satria di Kabupaten Blitar berupa buku petunjuk yang dapat digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan latihan service bawah sepaktakraw.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengadopsi pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif berupa presentase, yang digunakan untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil menggunakan 6 atlet junior sepaktaktaw Club Bhina Satria dan uji coba kelompok besar menggunakan 20 atlet junior sepaktakraw Club Bhina Satria di Kabupaten Blitar.

Hasil penilaian evaluasi dari 2 ahli kepelatihan sepaktakraw yaitu 97,5% dan 92,5% menyatakan sangat baik (digunakan), dan hasil dari ahli media yaitu 78,7% menyatakan baik (digunakan), uji kelompok kecil (6 atlet) 93,75% menyatakan sangat baik (digunakan), uji kelompok besar (20 atlet) 89,1% menyatakan sangat baik (digunakan).

 

Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini dapat disosialisasikan kepada pihak-pihak yang terkait. Sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektifitas model latihan service bawah sepaktakraw yang dikembangkan ini, karena hasil pengembangan ini masih terbatas sampai tersusunnya sebuah model latihan service bawah sepaktakraw saja.