SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Variasi Latihan Passing Bawah Bolavoli terhadap Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bolavoli di Klub Putri Bravo Malakas Club (BMC) Malang

Emania Agestin

Abstrak


ABSTRAK

 

Agestin, Emania. 2017. Pengaruh Variasi Latihan Passing Bawah Bolavoli terhadap Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bolavoli di Klub Putri Bravo Malakas Club (BMC) Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sapto Adi, M.Kes., (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: bolavoli, keterampilan passing bawah, penelitian pra-eksperimen.

Passing bawah adalah suatu teknik dasar permainan bolavoli yang mempunyai tujuan untuk pertahanan tim, yang dilakukan apabila menerima bola dengan kedua lengan yang diayunkan ke atas. Untuk menguasai teknik dasar tersebut harus latihan dengan konsisten dan dapat dipengaruhi juga dari pemberian variasi-variasi latihan passing bawah bolavoli. Model latihan yang digunakan dalam latihan harus bervariasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki. Dalam permaianan bolavoli di klub putri Bravo Malakas Club (BMC) yang telah diobservasi, hasilnya disimpulkan bahwa keterampilan passing bawah masih didominasi dengan kurang baiknya keterampilan passing bawah di klub putri Bravo Malakas Club (BMC), maka perlu diberikan latihan yang sesuai dengan kebutuhan untuk mengembangkan keterampilan passing bawah yaitu dengan menambah latihan menggunakan beberapa variasi-variasi passing bawah bolavoli.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variasi latihan passing bawah bolavoli terhadap peningkatan keterampilan passing bawah bolavoli di klub putri Bravo Malakas Club (BMC) Malang. Perlakuan  diberikan 24 kali pertemuan selama 8 minggu, serta pretest diberikan sebelum perlakuan dan posttest diberikan setelah pertemuan terakhir perlakuan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental yang berjenis pra eksperimenal dengan menggunakan rancangan “The One Group Pretest-Posttest Design” yang terdiri dari satu kelompok eksperimen tanpa kelompok kontrol. Subyek penelitian ini adalah atlet putri BMC yang mempunyai kriteria usia 15-17 tahun dengan jumlah 20 atlet. Instrumen tes yang digunakan menggunakan tes memvoli bola dari AAHPERD. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis uji-t amatan ulang (Paired Sample T Test) menggunakan bantuan SPSS 23.

 

Hasil dari analisis data uji t amatan ulang memperoleh t hitung sebesar 8,110 lebih besar dari t tabel 0.05 sebesar 1.72913 yang berarti keterampilan passing bawah bolavoli atlet BMC meningkat. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variasi latihan passing bawah bolavoli terhadap peningkatan keterampilan passing bawah bolavoli klub putri BMC Malang. Saran pemanfaatan, program latihan variasi passing bawah bolavoli ini bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk dipakai saat latihan, serta menambah variasi latihan pelatih untuk meningkatkan keterampilan passing bawah.