SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh latihan kekuatan otot lengan dengan push up terhadap lemparan ke dalam (throw in) pada siswa ssb putra yudha malang usia 20-21 tahun

Achmad Fais Fauzan Ghifari

Abstrak


 

Sepak bola adalah olahraga yang bertanding untuk memasukkan bola kedalam gawang lawan. Akan tetapi apabila serangan tersebut mengalami kebuntuan dan bola lebih sering keluar lapangan dari pada kearah gawang, hal ini yang menjadikan betapa pentingnya lemparan kedalam apabila dilakukan dekat gawang lawan dan dapat dimaksimalkan menjadi sebuah peluang mencetak gol.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan kekuatan otot lengan dengan push up terhadap lemparan kedalam pada siswa SSB PutraYudha Malang usia 20-21 tahun dan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara pengaruh latihan kekuatan otot lengan dengan push up dibandingkan dengan kelompok control terhadap lemparan kedalam pada siswa SSB Putra Yudha Malang usia 20-21 tahun.

Rancangan penelitian yang dipakai adalah penelitian eksperimen murni “true eksperimental”. Jumlah sampel penelitian20 siswa SSB Putra Yudha Malang usia 20-21tahun yang dibagi dalam dua kelompok dengan teknik ordinal pairing matching yang membagi sampel dalam dua kelompok, kelompok eksperimen latihan push up berjumlah 10 orang dan kelompok kontrol berjumlah 10 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes throw in. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varian satu jalur dengan tarafsignifikasi 5%.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pengaruh latihan kekuatan otot lengan dengan push up memberikan hasil yang signifikan terhadap lemparan kedalam permainan sepak bola di SSB Putra Yudha Malang dengan F hitung 19.5005969>F table 4.41 dan perbandingan pengaruh yang signifikan antara latihan kekuatan otot lengan dengan push up dengan kelompok kontrol terhadap lemparan kedalam permainan sepakbola di SSB Putra Yudha Malang F hitung 29.38457597 >F tabel4.41.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa latihan kekuatan otot lengan dengan push up menunjukkan adanya perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap tes awal dan tes akhir lemparan kedalam dan mempunyai perbedaan yang signifikan antara pengaruh latihan kekuatan otot lengan dengan push up dibandingkan dengan kelompok kontrol terhadap lemparan ke dalam pada siswa SSB Putra Yudha Malang usia 20-21 tahun.