SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Metode Drill Untuk Meningkatkan Teknik Mengoper Bola (Passing) Dalam Permainan Sepakbola Pada Sekolah Sepakbola Putra Ken Arok Kabupaten Malang Usia 13-15 Tahun.

EGA WASTITA SWANDHIRO

Abstrak


ABSTRAK

Swandhiro, Ega Wastita. 2016. Metode Drill Untuk Meningkatkan Teknik Mengoper Bola (Passing) Dalam Permainan  Sepakbola Pada Sekolah Sepakbola Putra Ken Arok Kabupaten Malang Usia 13-15 Tahun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Imam Hariadi, M.Kes., (II) Fahrial Amiq S.Or., M.Pd.

Kata Kunci: Sepakbola, teknik mengoper bola, metode drill.

Sepakbola adalah permainan beregu yang sederhana menggunakan kemahiran kaki, dimainkan oleh 2 tim dengan 11 pemain pada masing-masing tim. Dimainkan selama 2×45 menit. Dalam permainan sepakbola, teknik passing mempunyai peran yang sangat penting. Berdasarkan observasi awal diperoleh hasil bahwa siswa sekolah sepakbola Putra Ken Arok Kabupaten Malang mengalami kesulitan pada teknik mengoper bola (passing), dari bola yang terlalu kencang, bola terlalu pelan, arah bola melenceng dari sasaran, dan bola naik. Kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah pada indikator tumpuan kaki dan perkenaan bola.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan (memperbaiki) teknik mengoper bola siswa sekolah sepakbola Putra Ken Arok Kabupaten Malang dengan menggunakan metode drill.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan olahraga. Prosedur tindakan adalah sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa sekolah sepakbola Putra Ken Arok Kabupaten Malang usia 13-15 tahun yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi.

Hasil penelitian ini adalah metode drill passing yang digunakan dapat meningkatkan (memperbaiki) teknik mengoper bola (passing) siswa sekolah sepakbola Putra Ken Arok Kabupaten Malang usia 13-15 tahun. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan siswa dalam melakukan teknik mengoper bola (passing) setelah diberikan tindakan dari siklus 1 sampai siklus 2 selesai, hasilnya adalah tiap indikator sudah mengalami peningkatan yang maksimal. Pada indikator awalan meningkat menjadi 86,7%, tumpuan kaki 83,3%, perkenaan bola 81,7%, pandangan mata 86,7%,  follow through 88,3%, dan arah bola 85%.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode drill passing yang digunakan dapat meningkatkan (memperbaiki) teknik passing. Saran yang dapat diberikan adalah penelitian ini dapat pelatih gunakan sebagai dasar membuat program latihan tentang drill passing untuk meningkatkan teknik mengoper bola (passing) menggunakan kaki bagian dalam, dan penelitian ini diharapkan bisa sebagai bahan referensi untuk penelitian lebih lanjut mengenai penelitian sejenis tentang teknik passing.

ABSTRACT

Swandhiro, Ega Wastita. 2016. Drilling Method to Improve Passing Ball Technique in Putra Ken Arok Football School of Malang Regency Age 13-15 Years Old. Thesis, Department of Sports Coaching Education, Faculty of Sport Science, Malang State University. Advisors: (I) Dr. Imam Hariadi, M.Kes., (II) Fahrial Amiq S.Or., M.Pd.

Keywords: Football, passing ball technique, drill method.

Football is a simple game in team by using feet technique, played by two teams with eleven players in each one of the teams. It takes 2x45 minutes to play this game. In football, passing technique has an essential role. Based on an observation done by the researcher, it was found that students of Putra Ken Arok football school of Malang Regency had difficulties in passing the ball. Passing the ball too fast or too slow, passing the ball in a wrong direction and passing the ball a bit up in the air are kinds of mistakes done by the students. Those mistakes were mostly done because of wrong footstep and ball kicking.

This study aims to improve students’ passing ball technique in Putra Ken Arok football school of Malang Regency by using drilling method.

The study is in a form of sports action research. Some actions done in this study are such as: (1) planning actions, (2) implementing actions, (3) observing, (4) reflecting. There were 20 students aged 13-15 years old of Putra Ken Arok football school in Malang Regency who were taken as subject of the study. Observations was done in this study as a technique in collecting data.

Result of this study were the drill passing technique could be used to improve passing ball technique of students aged 13-15 years old in Putra Ken Arok football school of Malang Regency. This could be seen in the percentage of the students who successfully did the technique from cycle 1 to cycle 2. It was found that each indicator has maximally improved. Some indicator such as starting indicator has improved to be 86,7%, footstep indicator 83,3%, ball kicking 81,7%, eye sight 86,7%,  follow through 88,3%, and ball direction 85%.

In conclusion, drill-passing method can be used in improving passing technique. Suggestions made from this study can be used for football coaches as a basis in making exercise program about drill-passing to improve passing ball technique using inner part of foot and also as a reference for similar research in the future about passing technique.