SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Meningkatkan Keterampilan Pukulan Forehand Smash Untuk Pemain Bulutangkis Menggunakan Teknik Latihan Bervariasi Pada Atlet PB. Pendowo Kepanjen Kabupaten Malang

TAUFAN BAYU PRASETYO

Abstrak


ABSTRAK

ABSTRAK

Prasetyo, Taufan Bayu. 2016. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Pukulan Forehand Smash Untuk Pemain Bulutangkis Menggunakan Teknik Latihan Bervariasi Pada Atlet PB. Pendowo Kepanjen Kabupaten Malang”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(I) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes. (II) Usman Wahyudi, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Pukulan forehand smash bulutangkis, bulutangkis, Keterampilan.

Bulutangkis adalah olahraga yang dimainkan menggunakan raket sebagai alat pemukul dan shuttlecock sebagai objek yang dipukul. Salah satu teknik dasar yang sering digunakan dalam mendapatkan poin adalah pukulan smash. Pada observasi awal yang dilakukan di PB. Pendowo Kepanjen Kabupaten Malang diketahui bahwa teknik smash memiliki tingkat kebenaran sebesar 41,6%, tingkat kesalahan 58,4%, dari total intensitas 149 kali melakukan smash, dapat diketahui bahwa penguasaan keterampilan pukulan smash masih kurang dikuasai oleh atlet PB. Pendowo Kepanjen Kabupaten Malang dibandingkan dengan teknik pukulan yang lain.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar pukulan forehand smash dengan menggunakan teknik latihan bervariasi pada atlet bulutangkis di PB. Pendowo Kepanjen Kabupaten Malang.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan olahraga dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan melalui dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah atlet bulutangkis PB. Pendowo Kepanjen Kabupaten Malang dengan sebanyak 20 atlet. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan pelatih untuk menyusun program latihan selama 2 siklus dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan teknik pukulan forehand smash atlet PB. Pendowo mengalami peningkatan setelah dilakukan latihan smash dengan bebagai variasi. Latihan dilakukan dengan dua siklus masing-masing 3 pertemuan setiap siklus. Tingkat keberhasilan atlet PB. Pendowo pada siklus 1 dengan persentase ketuntasan keseluruhan teknik pukulan forehand smash  hasil dari observer 1 (peneliti) sebanyak 55,4% dari observer 2 (pelatih) sebanyak 57,9%. Sedangkan tingkat keberhasilan atlet PB. Pendowo pada siklus 2 dengan persentase ketuntasan keseluruhan teknik pukulan forehand smash hasil dari observer 1 (peneliti) sebanyak 78,5% dari observer 2 (pelatih) sebanyak 76,8%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan variasi latihan smash dapat meningkatkan keterampilan pukulan forehand smash atlet PB. Pendowo Kepanjen Kabupaten Malang. Disarankan bagi pelatih bulutangkis PB. Pendowo Kepanjen Kabupaten Malang dapat lebih kreatif dalam memberikan materi latihan agar atlet lebih aktif dan semangat dalam mengikuti latihan bulutangkis.