SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN TEKNIK PASSING BAWAH DAN PASSING ATAS PERMAINAN BOLAVOLI DENGAN VARIASI PERMAINAN UNTUK SISWA KELAS VIII B DI SMP TAMAN SISWA KOTA MALANG

AHMAD FAUZI

Abstrak


ABSTRAK

Fauzi, Ahmad. 2016. “Upaya Meningkatkan Keterampian Teknik Passing Bawah Dan Passing Atas Permainan Bolavoli Dengan Variasi Permainan Untuk Siswa Kelas VIII B Di Smp Taman Siswa Kota Malang”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Tomi, M.Pd, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

Kata Kunci: Permainan Bolavoli, Passing bawah, Passing atas, Variasi Permainan

Permainanbolavoli adalah permainan yang dimainkan oleh dua tim pada satu lapangan dan setiap tim terdiri dari enam orang, untuk memainkan bola di lambungkan melewati net sebelum menyentuh tanah dan dimainkan dengan penerapan teknik yang benar.Pada observasi awal yang dilakukan di kelas VIII B SMP Taman Siswa Kota Malang diketahui bahwa keterampilanpassingbawah dan passingatas siswa masih kurang.

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilanteknikpassingbawah danpassing atas permainan bolavoli dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di kelas VIII B SMP Taman Siswa Kota Malang dengan menggunakan variasi permainan.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapyaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Taman Siswa Kota Malang.

Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan teknik passingbawah danpassing atas pada siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan variasi permainan. Pembelajaran dengan variasi permainan dilakukan dalam dua siklus, yaitu tiga pertemuan disiklus pertama dan tiga pertemuan disiklus kedua. Tingkat keberhasilan siswa pada siklus pertamapassing atas sebanyak 66%, passing bawah 69%, pada siklus keduapassing atas sebanyak 83%, sedangkan passing bawah 86%.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan pembelajaran keterampian teknik passingbawah dan passingatas permainan bolavoli dengan variasi permainan dapat meningkatkan keterampilan teknik passingbawah maupun passingatas pada siswa kelas VIII B SMP Taman Siswa Kota Malang.