SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Guru Pembimbing Akademik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa SMP Brawijaya Smart School

Jamilatun Nisak

Abstrak


Motivasi mempunyai peranan besar dalam meningkatkan hasil belajar siswa, karena itulah diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan motivasi siswa. Guru merupakan elemen penting pembangkit motivasi siswa. Selain sebagai tenaga pendidik, guru juga harus berperan sebagai motivator yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran IPS dikarenakan rendahnya minat siswa pada mata pelajaran IPS. Guru harus memberikan pembinaan dan bimbingan kepada siswa untuk mengubah pola pikir siswa terhadap mata pelajaran IPS. SMP Brawijaya Smart School sebagai salah satu SMP swasta terbaik di kota Malang telah menerapkan program Pembimbing Akademik sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti dalam penelitian ini sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di di SMP Brawijaya Smart School Malang yang terletak di Jl. Cipayung No. 8 Malang. Sumber data dibagi menjadi dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model miles dan haberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verivikasi/kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, yakni triangulasi sumber dan teknik. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi tiga tahap, yakni: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Program guru Pembimbing Akademik di SMP Brawijaya Smart School mulai dilaksanakan pada tahun 2012 dengan ujuan untuk bisa mengontrol siswa di bidang akademik dalam skala lebih kecil, (2) Guru Pembimbing Akademik sudah memahami apa yang dimaksud dengan motivasi belajar dan juga pengaruhnya terhadap pembelajaran, (3) Peran Guru Pembimbing Akademik dalam meningkatkan motivasi pembelajaran IPS belum berjalan secara maksimal, (4) Hambatan terbesar guru Pembimbing Akademik dalam melaksanakan tugasnya adalah tidak adanya deskripsi jabatan yang jelas.

Saran yang dianggap dapat bermanfaat yakni evaluasi terhadap program guru Pembimbing Akademik di SMP Brawijaya Smart School yakni dengan membuat deskripsi jabatan secara rinci sehingga peran guru Pembimbing Akademik dalam meningkatkan motivasi belajar IPS siswa bisa maksimal.

 

Kata Kunci: Guru Pembimbing Akademik, Motivasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial.