SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Antusiasme Masyarakat Desa Glanggang dalam Pelaksanaan Tradisi Bersih Desa

RAMADAN TAKDILA ADI

Abstrak


RINGKASAN

Ramadan, Takdilla Adi. 2019. Antusiasme Masyarakat Desa Glanggang dalam Pelaksanaan Tradisi Bersih Desa. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant., M.A., (II) Agus Purnomo, M.Pd.

Kata Kunci : tradisi, bersih desa, antusiasme

Tradisi adalah suatu hal yang dilakukan secara terus menerus dalam bentuk yang sama. Setiap daerah di Indonesia mempunyai suatu tradisi yang berbeda-beda. Salah satu tradisi yang ada di Indonesia adalah tradisi bersih desa.

Masyarakat Desa Glanggang Kecamatan Pakisaji merupakan salah satu masyarakat yang mewarisi tradisi bersih desa. Masyarakat Desa Glanggang selalu melaksanakan tradisi bersih desa satu tahun sekali tepatnya setelah panen raya padi. Keberadaan antusiasme masyarakat Desa Glanggang untuk melaksanakan bersih desa ini menarik untuk dikaji. Adapun fokus penelitian ini adalah:

(1) Bagaimanasejarah pelaksanaan Bersih Desa Glanggang?

(2)  Apa tahapan pelaksanaan Bersih Desa Glanggang?

(3) Apaalasan masyarakat antusias menyelenggarakan Bersih Desa Glanggang?

(4) Bagaimana bentuk antusiasme masyarakat dalam pelaksanaan Bersih Desa Glanggang?

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Desa Glanggang Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Data diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu dari masyarakat, Kepala Desa Glanggang, dan panitia penyelenggara, sedangan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman.

Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, tradisi bersih desa bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang memuaskan dan penghormatan atas jasa pembabat tanah desa. Tradisi bersih desa dilatarbelakangi kedatangan pasukan dari Mataram yang dipimpin Mbah Kertowongso. Keduaterdapat tiga tahapan prosesi tradisi Bersih Desa Glanggang yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap penutup. Tahapan awal pelaksanaan tradisi bersih yaitu persiapan pelaksanaan tradisi bersih desa.Tahapan inti ini berisi ritual-ritual yang memiliki makna bagi masyarakat. Tahapan akhir dari tradisi bersih desa adalah berupa kegiatan pengajian.

Ketiga,alasan masyarakat antusias dalam pelaksanaan tradisi bersih desa adalah keinginan mendapatkan rezeki dan keselamatan hidup, adanya dorongan naluri adat dari pendahulu desa, dan keinginan melestarikan tradisi bersih desa. Keempat, tingginya antusiasme masyarakat dapat dilihat dari beberapa bentuk yang diberikan masyarakat. Bentuk pertama adalah sumbangan uang. Bentuk kedua adalah tenaga dan waktu yang dimaksudkan untuk meringankan beban bersama. Terakhir adalah dalam bentuk sumbangan konsumsi.Peneliti selanjutnya disarankan mengkaji mengenai makna perlengkapan yang digunakan pada tradisi Bersih Desa Glanggang.