SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPS di SMP Laboratorium UM

Firdaus Rizqotul Ula

Abstrak


ABSTRAK

Firdaus, Rizqotul Ula. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPS di SMP Laboratorium UM. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. I Nyoman Ruja, SU. (II) Dra. Hj.Siti Malikhah Towaf, M.A, Ph.D

Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Pembelajaran IPS

Pendidikansecara sederhana dapat diartikan sebagai usaha sadar manusia untukmemperoleh pengetahuan yang akandigunakandalamkehidupansehari-hari. Zaman yang terus berkembang, menuntut pendidikanberinovasiagar pendidikan mampu melahirkan generasi yang mampu bertahan menghadapi tantangan pada zamannya. Salah satu inovasi pendidikan di Indonesia adalah dengan berubahnya kurikulum.

Kurikulum yang saat ini dipakai di Indonesia adalah Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 telah dipakai disebagian besar sekolah di Indonesia. Sehingga perlu dianalisis bagaimana implementasinya di sekolah. Khususnya implementasi pada mata pelajaran IPS di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Laboratorium UM.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendiskripsikan bagaimana implementasi Kurikulum 2013 di SMP Laboratorium UM. Aspek yang didiskripsikan dari hasil penelitian meliputi: pembelajaran IPS menggunakan Kurikulum 2013, pendukung implementasi Kurikulum 2013, dan penghambat implementasi Kurikulum 2013, serta solusi yang ditempuh guru untuk mengatasi hambatan dalam implementasi Kurikulum 2013.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan jumlah kasus tunggal. Kasus yang diteliti adalah posisi SMP Laboratorium UM yang berada di bawah naungan Universitas Negeri Malang (UM). Objek penelitian adalah proses pembelajaran IPS menggunakan Kurikulum 2013.Prosedur pengumpulan data penelitian, menggunakan tiga cara yaitu: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model Miles&Huberman yang meliputi: reduksi data, displai data, dan verifikasi data.

Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS di SMP Laboratorium UM mempunyai faktor pendukung dan penghambat. Untuk mengatasi hambatan implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS, guru IPS di SMP Laboratorium UM menempuh beberapa solusi, agar pengimplementasian Kurikulum 2013 dapat lebih maksimal.

Peneliti membatasi penelitian ini hanya untuk meneliti proses implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS secara umum. Penelitian selanjutnya, dapat meneliti implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS dengan lebih khusus. Misalnya meneliti seberapa efektif materi pembelajaran IPS yang menggunakan model kontekstual learning dalam Kurikulum 2013.