SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perubahan Sosial Keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Desa Dawung Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri

Ana Eka Khoirul

Abstrak


RINGKASAN

Ana, Eka Khoirul. 2018. Perubahan Sosial Keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Desa Dawung Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Nyoman Ruja, S.U (II) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant.,M.A

Kata Kunci: mobilitas, TKW, perubahan sosial, keluarga

Tingginya tingkat persaingan memperoleh pekerjaan membuat beberapa perempuan terdorong melakukan mobilitas ke luar negeri untuk menjadi TKW (Tenaga Kerja Wanita). Mobilitas yang dilakukan oleh TKW menyebabkan perubahan sosial pada keluarganya. Salah satu desa yang penduduknya banyak menjadi  TKW adalah Desa Dawung Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk meneliti tentang mobilitas TKW yang menyebabkan perubahan sosial pada keluarganya di Desa Dawung. Adapun fokus penelitian yaitu:

(1) Bagaimana karakteristik TKW dari Desa Dawung Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri?,

(2) Apa alasan TKW dari Desa Dawung Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri melakukan mobilitas ke luar negeri?,

(3) Perubahan sosial apa yang terjadi pada keluarga TKW di Desa Dawung Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri saat ditinggal bekerja di luar negeri? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Informan dalam penelitian ini yaitu informan pendukung dan informan kunci. Prosedur pengumpulan data terdiri atas observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Tahaptahap penelitian yang dilakukan yaitu memilih topik kajian, instrumentasi, pelaksanaan penelitian, pengolahan data, dan hasil penelitian.  Beberapa karakteristik TKW dari Desa Dawung yaitu:

1) . Memiliki usia produktif, yaitu antara usia 22 hingga 44 tahun;

2) . Tingkat pendidikan yang rendah, yaitu SD dan SMP/MTs;

3) Jumlah beban tanggungan dalam keluarga dua sampai tiga orang;

4) . Jenis pekerjaan domestic workers yaitu penjaga anak, penjaga lansia dan pengurus rumah tangga;

5). Bekerja di negara-negara Asia, yaitu Hongkong, Singapura dan Taiwan. Alasan TKW dari Desa Dawung melakukan mobilitas ke luar negeri berbeda-beda, diantaranya:

1) . Ingin memiliki modal usaha;

2) . Penghasilan yang lebih besar dibandingkan bekerja di dalam negeri;

3) . Memenuhi kebutuhan pendidikan anak;

4). Terlilit hutang. Perubahan sosial yang terjadi pada keluarga TKW di Desa Dawung yaitu perubahan peran, perubahan cara berkomunikasi dan perubahan gaya hidup. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengkaji mengenai perubahan sosial keluarga TKW terkait dengan pendidikan anak.