SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI TRADISIONAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 3 KOTA KEDIRI

FATIMAH HERNI NUR

Abstrak


ABSTRAK

Fatimah, Herni Nur. 2018. Pelaksanaan Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari Tradisional dalam Membentuk Karakter pada Siswa di SMP Negeri 3 Kota Kediri. Skripsi Pendidikan Seni Tari dan Musik. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Dr. Robby Hidajat, M. Sn. Pembimbing (II): Kelik Desta Rahmanto, S.Sn, M. Pd.

Katakunci: karakter siswa, seni tari, pembelajaran.

Paradigma pendidikan saat ini tidak hanya mentransfer ilmu, namun harus dapat mengubah atau membentuk karakter seseorang menjadi lebih baik. Adapun strategi yang dapat digunakan dalam membentuk karakter yaitu mengimplementasikannya melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari tradisional.Rumusan masalah untuk mengetahui efek pembelajaran seni tari tradisional terhadap karakteristik siswa di SMPN 3 Kota Kediri adalah

(1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional,

(2) adakah kaitan pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran ekstrakurikulerseni tari tradisional.

Metodologi penelitian yang digunakan adalah mixing methods (metode campuran) atau dapat juga disebut sebagai metode prosedural, yaitu menggambungkan pola metode kuantitatif untuk penjaringan data dan metode kualitatif untuk menginterpertasikan data. Pengambilan data pada tahap pertama dilakukandengan observasi kegiatan belajar pada guru ekstrakurikuler yaitu Yuli Setyorini (58 th). Skor penilaian karakter dianalisis dan diinterpertasi, yaitu menafsirkan kecendrungan hasil respon siswa, aktivitas pengajaran, dan kecendrungan sikap sehari-hari siswa. Tahap kedua; menggunakan metode angket untuk 50 siswa dengan fokus pertanyaan yaitu tanggapan/respon terhadap kegiatan belajar dan sikap yang dialami.

Hasil penelitian pada pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tradisional

(1) Kegiatan pra pembelajaran memperoleh skor persentase 93,75% termasuk dalam kategori baik dan ke empat deskriptor terpenuhi,

(2) Kegiatan awal pembelajaran memperoleh skor persentase 87,5% termasuk dalam kategori sangat baik dan hanya tiga deskriptor yang tampak.

(3) Kegiatan inti pembelajaran memperoleh skor persentase 81,25% termasuk dalam kategori baik dan hanya tiga deskriptor yang tampak,

(4) Kegiatan akhir pembelajaran memperoleh skor 87,5% termasuk dalam kategori sangat baik dan ke empat deskriptor tampak,

(5) Aspek komponen pembelajaran memperoleh skor 81,25% termasuk dalam kategori baik dan hanya tiga deskriptor yang tampak.

Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional dilakukan melalui empat tahapan yaitu pra, awal, inti, dan akhir dengan didukung komponen pembelajaran. Hasil interpertasi menunjukan adanya relevansi antara karakterisik siswa hormat dan santun, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri dengan pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuleryang ada di SMPN 3 Kota Kediri.