SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tumbuhnya Kepedulian Sosial Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di SMP Negeri 8 Malang

. . MARTANINGSIH

Abstrak


RINGKASAN

Martaningsih. 2019. Tumbuhnya Kepedulian Sosial Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di SMP Negeri 8 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) I Dewa Putu Eskasasnanda, S. Ant.,M.A., (II) Agus Purnomo, M.Pd.

Kata Kunci: ekstrakurikuler PMR, kepedulian sosial, SMPN 8 Malang

Ekstrakurikuler PMR merupakan ekstrakurikuler yang berperan membentuk siswa agar memiliki karakter kepedulian sosial. Program kegiatan ekstrakurikuler PMR di SMPN 8 Malang berupaya agar siswa dapat menerapkan ilmu kepalangmerahan kepada orang lain, terutama diaplikasikan di lingkungan sekolah. Berdasarkan pemaparan di atas, maka fokus penelitian dalam penelitian ini adalah:

(1) mendeskripsikan motivasi siswa mengikuti ekstrakurikuler PMR di SMPN 8 Malang,

(2) mendeskripsikan bentuk kegiatan ekstrakurikuler PMR untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa,

(3) menganalisis tindakan kepedulian sosial siswa PMR di lingkungan SMPN 8 Malang, dan

(4) menganalisis persepsi warga sekolah terhadap tindakan kepedulian sosial yang dilakukan anggota PMR SMPN 8 Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Informan kunci dalam penelitian ini berjumlah 12 yang terdiri dari siswa PMR SMPN 8 Malang dan informan pendukung berjumlah 8 yang terdiri dari waka kesiswaan, pembina ekstrakurikuler, kader UKS, dan warga sekolah dengan teknik pengumpulan informan yang digunakan yaitu teknik purposive. Prosedur pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang memiliki empat komponen yang diawali dengan pengumpulan data di lapangan, kemudian peneliti mereduksi data sesuai fokus penelitian, selanjutnya peneliti menyajikan data dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Tahap penelitian ini terdiri dari tahap pra-lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data, dan tahap penulisan laporan.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil:

(1) siswa mengikuti ekstrakurikuler karena adanya motivasi internal dan eksternal,

(2) bentuk kegiatan ekstrakurikuler PMR SMPN 8 Malang adalah latihan rutin, siaga kesehatan, sosialisasi ke ekstrakurikuler lain, dan bakti sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian sosial pada diri siswa,

(3) tindakan kepedulian sosial siswa PMR di lingkungan sekolah adalah membantu menangani warga sekolah yang cidera serta menghimbau agar berperilaku hidup bersih dan sehat. Alasan yang melatarbelakangi siswa melakukan tindakan sosial adalah tumbuhnya jiwa kemanusiaan dan akhlak religius dari dalam diri siswa,

(4) persepsi warga sekolah terkait tindakan kepedulian sosial siswa PMR adalah merasa terbantu atas tindakan yang dilakukan siswa PMR.

Saran bagi peneliti selanjutnya dapat mengkaji tentang karakter kepedulian sosial. Maka peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk mengkaji lebih luas permasalahan tentang karakter kepedulian sosial, karena kepedulian sosial ini merupakan karakter yang memuat tentang manusia dalam berhubungan dengan lingkungan sosialnya.

SUMMARY

Martaningsih, 2019. The Growth of Student's Social Concern on Red Cross Youth Volunteer as Extracurricular Activity in Public Junior High School 8 Malang. Undergraduate. Thesis, Educational Social Science Program, Faculty of Social Science, Malang State University. Adviser: (I) I Dewa Putu Eskasananda, S. Ant. M.A., (II) Agus Purnomo, M.Pd.

Keywords: red cross youth volunteer, social concern, Junior High School 8 Malang

Red Cross Youth Volunteer is extracurricular which have a role to shaping student's social concern. The vision of Red Cross Youth Volunteer in Public Junior  High School 8 Malang is applying the value of the Red Cross, especially on the school environment. Based on the exposure above, the research focuses on this research are:

(1) describing the student's motivation of Red Cross Youth Volunteer

(2) describing the activity of Red Cross Youth Volunteer to improve student’s social concern,

(3) analyzing the social concern behavior of Red Cross Youth Volunteer in Public Junior High School 8 Malang, and

(4) analyzing school member perception toward Red Cross Youth Volunteer's social concern behavior.

 This research uses a qualitative approach with descriptive type research. The data resource which used in this research are primary data and secondary data. The key informant on this research add up to 12 informants which consist of students of Red Cross Youth Volunteer and supportive informant add up to 8 informants which consist of Deputy Head of Student Affairs, extracurricular coach, cadre of School Health Unit, and school member. Purposive technique is used to gather the informant's data. The procedure of data aggregation comprises of observation, interview, and documentation. Data analysis use Miles and Huberman model which had four components which begin with data aggregation on the field, and then researcher reducing data based on the research's focus, furthermore researcher displaying the data and the last step is to conclude the research. The phase research consist of pre-field phase, work field phase, data analysis, and research writing

This research found:

(1) student take extracurricular Red Cross Youth Volunteer because of internal and external motivation,

(2) the activity of Red Cross Youth Volunteer are regular exercise, health alert, socialization to another extracurricular and social service to increase student's social concern,

(3) the action of student's social concern on the school environment are helping school member who got injured and voiced about live clean and healthy. The reason behind student's social action are the growth of humanity and religious character on student's behavior,

(4) school member's perception toward social concern of Red Cross Youth Volunteer is feeling helped because of their social action.

Suggestion for the next researcher is to examine social concern character. Accordingly to previous suggestion, the researcher suggests the next researcher examine about character of social concern, because this social concern is a character that contains about humans in dealing with their social environment.