SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tumbuhnya Kepedulian Sosial Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di SMP Negeri 8 Malang

MARTANINGSIH .

Abstrak


Ekstrakurikuler PMR merupakan ekstrakurikuler yang berperan membentuk siswa agar memiliki karakter kepedulian sosial. Program kegiatan ekstrakurikuler PMR di SMPN 8 Malang berupaya agar siswa dapat menerapkan ilmu kepalangmerahan kepada orang lain, terutama diaplikasikan di lingkungan sekolah. Berdasarkan pemaparan di atas, maka fokus penelitian dalam penelitian ini adalah:

(1) mendeskripsikan motivasi siswa mengikuti ekstrakurikuler PMR di SMPN 8 Malang,

(2) mendeskripsikan bentuk kegiatan ekstrakurikuler PMR untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa,

(3) menganalisis tindakan kepedulian sosial siswa PMR di lingkungan SMPN 8 Malang, dan

(4) menganalisis persepsi warga sekolah terhadap tindakan kepedulian sosial yang dilakukan anggota PMR SMPN 8 Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Informan kunci dalam penelitian ini berjumlah 12 yang terdiri dari siswa PMR SMPN 8 Malang dan informan pendukung berjumlah 8 yang terdiri dari waka kesiswaan, pembina ekstrakurikuler, kader UKS, dan warga sekolah dengan teknik pengumpulan informan yang digunakan yaitu teknik purposive. Prosedur pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang memiliki empat komponen yang diawali dengan pengumpulan data di lapangan, kemudian peneliti mereduksi data sesuai fokus penelitian, selanjutnya peneliti menyajikan data dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Tahap penelitian ini terdiri dari tahap pra-lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data, dan tahap penulisan laporan.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil:

(1) siswa mengikuti ekstrakurikuler karena adanya motivasi internal dan eksternal,

(2) bentuk kegiatan ekstrakurikuler PMR SMPN 8 Malang adalah latihan rutin, siaga kesehatan, sosialisasi ke ekstrakurikuler lain, dan bakti sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian sosial pada diri siswa,

(3) tindakan kepedulian sosial siswa PMR di lingkungan sekolah adalah membantu menangani warga sekolah yang cidera serta menghimbau agar berperilaku hidup bersih dan sehat. Alasan yang melatarbelakangi siswa melakukan tindakan sosial adalah tumbuhnya jiwa kemanusiaan dan akhlak religius dari dalam diri siswa,

(4) persepsi warga sekolah terkait tindakan kepedulian sosial siswa PMR adalah merasa terbantu atas tindakan yang dilakukan siswa PMR.

Saran bagi peneliti selanjutnya dapat mengkaji tentang karakter kepedulian sosial. Maka peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk mengkaji lebih luas permasalahan tentang karakter kepedulian sosial, karena kepedulian sosial ini merupakan karakter yang memuat tentang manusia dalam berhubungan dengan lingkungan sosialnya.