SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pasar ROMA (Rombengan Malam) dan Aktualisasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Soraya Rohmi

Abstrak


RINGKASAN

Soraya, Rohmi. 2018. Pasar ROMA (Rombengan Malam) dan Aktualisasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Skripsi. Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr.I Nyoman Ruja, S.U (II) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant., M.A.

Kata Kunci: Pasar ROMA (Rombengan Malam), Aktualisasi, Mahasiswa

Mahasiswa adalah individu yang membutuhkan aktualisasi. Standar penilaian terhadap seorang mahasiswa dengan barang bermerek yang digunakan. Upaya para mahasiswa untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di lingkungan kampus rupanya mengalami kendala pada masalah biaya karena mereka masih mengandalkan uang saku bulanan dari orang tua. Maka dari itu Pasar ROMA menjadi alternatif pilihan bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan barang bermerek dengan harga murah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah

1) Bagaimana sejarah perkembangan Pasar ROMA?

2) Mengapa Pasar ROMA masih diminati masyarakat?

3) Mengapa mahasiswa memilih Pasar ROMA?.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model interaktif yakni model Miles & Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejarah perkembangan Pasar ROMA dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan. Pasar ROMA berdiri tahun 1960-an dengan 20 penjual. Pasar ROMA pernah mengalami penertiban paksa oleh Satuan Polisis Pamong Praja sebanyak 2 kali yaitu tahun 1962 dan 1972. Tahun 1984 Pasar ROMA ditutup sementara karena adanya pelebaran jalan dan pembangunan kios. Tahun 1998 Pasar ROMA terkena imbas krisis moneter. Tahun 1999 akhir Pasar ROMA bangkit dan terus berkembang hingga sekarang. Alasan Pasar ROMA masih diminati 1) Harga terjangkau,

3) Barangnya bervariasi,

3) Lokasi strategis, dan

4)Terjaganya kualitas barang. Dikaitkan dengan teori pilihan rasional ternyata alasan mahasiswa memilih Pasar ROMA karena harganya yang sesuai dengan kantong mahasiswa dan tersedianya barang-barang bermerek yang terjangkau. Adapun saran bagi peneliti selanjutnya adalah untuk melakukan penelitian mengenai alur barang yang didapatkan di Pasar ROMA. Penyaluran yang dimaksud meliputi pencarian barang, pengumpulan barang, penentuan harga barang, hingga penetapan harga barang.

SUMMARY

Soraya, Rohmi. 2018. ROMA Market (Flea Market) and the Self Actualization of Malang State University Students.Thesis. Social Studies Education, Faculty of Social Science, State University of  Malang. Advisors: (I) Dr. I Nyoman Ruja, S.U (II) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant., M.A.

Key Words: ROMA Market (Flea Market), Self Actualization, College Student

College students are individuals who need eactualization. The standard of assessment whether or not a student with branded goods is used. The efforts of students to realize their actualization in the campus environment, apparently experienced problems in the cost problem because they still rely on monthly allowances from parents. Therefore, ROMA Market is an alternative choice for students who want to get branded goods at low prices. The formulation of the problem in this study is

1) What is the history of ROMA's market development?

2) Why is the ROMA Market still in the public interest? and

3) Why do students choose ROMA Market to realize their actualization?. This study uses a descriptive qualitative approach. Data sources are primary and secondary data. The procedure for collecting data used is observation, interviews and documentation. Data analysis techniques with interactive models namely the Miles & Huberman model

The results of the study show that the history of ROMA's market development from year to year has always undergone changes. ROMA market was established in the 1960s with 20 sellers. The ROMA market has experienced forced enforcement by the Civil Service Police Unit twice, namely in 1962 and 1972. 1984 the ROMA market was temporarily closed due to road widening and the construction of shop. 1998 the ROMA market was affected by the monetary crisis. 1999 the end of the ROMA Market continued to grow until now. ROMA Market Reasons are still in demand

1) Affordable prices,

2) Varied goods,

3) Strategic location, and

4) Maintaining quality of goods. Associated with the rational choice theory it turns out that the reason students choose the ROMA Market is because the price matches the student's pocket and the availability of affordable branded goods. The suggestions for future researchers are to conduct research on the flow of goods obtained in the ROMA Market. The intended distribution includes the search for goods, collecting goods, determining the price of goods, and determining the price of goods.