SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Industri Pengolahan Logam Mulia, Manfaat Ekonomi dan Aktivitas Belajar Remaja Sekolah Desa Batu Putih Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat

Ino Mujizat

Abstrak


RINGKASAN

Ino, Mujizat. 2019. IndustriPengolahanLogamMulia, ManfaatEkonomidanAktivitasBelajarRemajaSekolahDesaBatuPutihKecamatanTaliwangKabupaten Sumbawa Barat.Skripsi,Program StudiIlmuPengetahuanSosial, FakultasIlmuSosial, UniversitasNegeri Malang, Pembimbing: (I) I Dewa PutuEskasasnanda, S.Ant., M.A, (II) AgusPurnomo, S.Pd., M.Pd              

Kata Kunci:PengolahanLogamMulia,ManfaatEkonomi, AktivitasBelajar,RemajaSekolah, DesaBatuPutih.

Keberadaanpengolahanlogammulia di DesaBatuPutihmemberikanmanfaatkepadamasyarakatDesaBatuPutih. Hasil yang menguntungkanmembuatmasyarakatdarisemuagolongantermasuk para remaja di DesaBatuPutihtertarikuntukbekerja di pengolahanlogammulia. Ketertarikan para remajauntukbekerja di pengolahanlogammuliaberpotensiakanmenggangguaktivitasbelajarremajasekolah.Sesuaidenganpernyataantersebut, makarumusanmasalahdalampenelitianiniyaitu:

(1) Bagaimanasejarahberdirinyapengolahanlogammulia di DesaBatuPutih?

(2)ApamanfaatekonomipengolahanlogammuliaDesaBatuPutihterhadapkehidupanremajausiasekolah?

(3) Bagaimanaaktivitasbelajarremajausiasekolah yang bekerja di industripengolahanlogammulia?

Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif. Penentuanlokasidalampenelitiandipilihsecarapurposive sebagaisyaratdantujuanpenelitian. Pemilihanlokasiberada di DesaBatuPutihKecamatanTaliwangKabupaten Sumbawa Barat yang terdapatindustripengolahanlogammulia. Teknikpengumpulan data yang tergolongsebagaisumber data primer dilakukansecarawawancara, observasi, dandokumentasi. Sedangkanteknikpengumpulan data yang tergolongsumber data sekunderyaitustudipustakadanstudidokumentasi.

Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwasejarahindustripengolahanlogammulia di DesaBatuPutihberawaldariadanyapenemuankandunganemasoleh PT. Newmont. Melaluitemuantersebut, wargaDesaBatuPutihdibantuoleh para pendatangdariluarPulau Sumbawa mendirikanusahapengolahanlogammuliasecaratradisional yang kemudianterusberkembanghinggasekarang.Selain orang dewasa, pengolahanlogammulia di DesaBatuPutihjugamenarikremajasekolahuntukbekerja. Para remajasekolahmemanfaatkanhasildaribekerjauntukmemenuhikebutuhansehari-harisepertiuangsakuuntuksekolahatausebagaiuangjajan. Bekerja di pengolahanlogammuliatidakmembuataktivitasbelajar para remajausiasekolah yang bekerjamenjaditerganggu. Merekamenganggapbekerja di pengolahanlogammuliahanyasebagaipekerjaansampingantidakterlaludiprioritaskan. Sehinggamerekamudahmengaturwaktuantarabelajardanbekerja.Adapun saran bagipenelitiselanjutnyaadalahuntukmenelititentangperubahansosialekonomiremajasekolahpekerjapengolahanlogammulia (pengkajiandalamaspekperubahansosialekonomi).