SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL REACT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 MALANG

KUSUMAWARDHANI . INDRA

Abstrak


RINGKASAN

Kusumawardani, Indra. 2019. Penerapan Pembelajaran Model REACT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP NEGERI 9 Malang. Skripsi, Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Siti Malikhah Towaf, M.A.,Ph.D, (2) Agus Purnomo, M.Pd

Kata kunci: model REACT, hasil belajar

Pendidikan merupakan suatu hal yang penting bagi setiapa individu. Proses pembelajaran adalah salah satu proses yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Model dan strategi pembelajaran yang dekat dengan siswa atau melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran akan menjadikan pembelajaran tersebut lebih bermakna dengan menggunakan pembelajaran kontekstual. Dalam penelitian ini mengimplentasikan pembelajaran kontekstual model REACT, karena dalam penerapnnya model REACT dikaitkan dengan kehidupan nyata serta siswa dituntut aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran model REACT dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:

(1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan model REACT pada mata pelajaran IPS materi Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan?

(2) Apakah penerapan pembelajaran dengan model REACT pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan?

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif  dengan jenis eksperimen semu (quasi experimen design) yang termasuk pendekatan penelitian kuantitatif. Rancangan eksperimen semu digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol  yang diberi perlakuan yang berbeda. Populasi pada penelitian ini siswa SMPN 9 Malang tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model REACT dengan siswa yang di belajarkan dengan model konvensional. Perbedaan tersebut ditunjukkan pada nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 84,02 kelas kontrol 78,75. Dan hasil dari uji hipotesis pada hasil belajar menunjukkan perolehan nilai 0,045 < 0,05 artinya H0ditolak. Artinya ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran model REACT dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Saran untuk peneliti selanjutnya sebaiknya dikaji dan dipadukan dengan variabel lain seperti motivasi belajar, minat belajar, dan berpikir kritis siswa.