SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perubahan Sosial Buruh Industri Rokok di Desa Manduro Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang

Bagio . Bagio

Abstrak


RINGKASAN

Bagio. 2018.Perubahan Sosial Buruh Industri Rokok di Desa Manduro Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Nyoman Ruja, SU, (2) Agus Purnomo M.Pd.

Kata Kunci: Perubahan Sosial, Buruh, Industri Rokok

Keberadaan industri di Indonesia menyerap banyak tenaga kerja baik laki-laki maupun perempuan. Keberadaan pekerja perempuan disektor industri tidak dapat dipungkiri. Sektor industri merupakan penyerap terbesar pekerja perempuan. Seperti berdirinya industri rokok yang berada di sekitar  Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang. Industri rokok yang berada di sekitar Kecamatan Kabuh merupakan salah satu contoh industri yang pekerjanya mayoritas adalah pekerja perempuan. Industri rokok tersebut adalah PT Mufasufu Sejati Jaya Lestari (MSJL) atau sering disebut dengan pabrik Sampoerna. Hadirnya industri tersebut membawa perubahan terhadap kehidupan sosial-ekonomi ibu rumah tangga di Desa Manduro Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang yang bekerja sebagai buruh produksi di pabrik tersebut. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah

(1) Faktor apa yang melatarbelakangi ibu rumah tangga memilih bekerja di industri rokok?

(2) Bagaimana perubahan sosial ibu rumah tangga di Desa Manduro Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang setelah bekerja di industri rokok?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Sumber data dibagi menjadi 2 yakni sumber data primerdiperoleh melalui observasi serta wawancara dengan informan dan sumber data sekunder diperoleh melalui kajian empirik yang relevan. Teknik pengumpulan informan menggunakan Snowball Technique. Informan terbagi menjadi 2, yakni informan kunci dan informan pendukung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan model analisis Miles dan Huberman.

Hasil Penelitian

(1) Faktor yang melatar belakangi ibu rumah tangga di Desa Manduro memilih bekerja di Pabrik rokok adalah karena himpitan ekonomi, dan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya dimana kebutuhan tersebut belum bisa dipenuhi oleh suaminya sendirian. Mereka merasa memiliki tanggung jawab untuk ikut andil dalam pemenuhan kebutuhan keluarganya.

(2) Banyaknya ibu rumah tangga di Desa Manduro yang bekerja sebagai buruh Produksi di pabrik Rokok Sampoerna menyebabkan perubahan, baik dalam meningkatnya pendapatan, sehingga dapat sedikit-demi sedikit memperbaiki perekonomian keluarga, meningkatnya persepsi mereka akan pendidikan anak-anaknya.Adanya perubahan dalam interaksi mereka dengan tetangga yang disebabkan intensitas interaksi yang semakin sedikit, yang dikarena tuntutan dalam pekerjaan mereka. Peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk mengkaji mengenai dampak negatif bekerja di pabrik rokok bagi kesehatan, Pembagian kerja dalam keluarga, Pola pengasuhan anak ketika ditinggal bekerja oleh ibunya.