SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

BEKERJA DI MALANG TOWN SQUARE (MATOS) SEBAGAI KONTRIBUSI EKONOMI KELUARGA DAN AKTUALISASI DIRI KARYAWATI MUDA

Khoiru Nisa Mashudi

Abstrak


RINGKASAN

Mashudi, Khoiru Nisa. 2018.Bekerja di Malang Town Square (Matos) sebagai Kontribusi Ekonomi Keluarga dan Aktualisasi diri Karyawati Muda. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant., M.A, (II) Agus Purnomo, M.Pd.

 

Kata Kunci:Kontribusi Ekonomi, Karyawati, Aktualisasi diri

Pusat perbelanjaan di Kota Malang merupakan tempat tujuan kerja para pekerja wanita. Malang Town Square atau yang biasa yang disingkat Matos, merupakan salah satu dari beberapa pusat perbelanjaan di Kota Malang. Penelitian ini akan mengkaji beberapa hal tentang wanita yang bekerja di pusat perbelanjaan Malang Town Square.Berdasarkan penjelasan diatas maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Apa motivasi wanita untuk berkerja di pusat perbelanjaan di Matos, (2) Apa saja  karakteristik wanita berkarir di Matos,(3)Apa bentuk kontribusi ekonomi  keluarga yang diberikan wanita muda yag berkerja di Matos, (4)Apa aktualisasi diri yang dilakukan wanita muda yang berkerja di Matos.

Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder, dengan menentukan informan menggunakan teknik purposive sampling. Prosedur yang digunakan pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap – tahap penelitian yaitu tahap pralapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil: (1) Motivasi karyawati bekerja di Malang Town Square meliputi motivasi dari luar dan dari dalam, kesenangan untuk bekerja, mencari pengalaman kerja, upah yang dihasilkan, pengakuan sosial oleh masyarakat sekitar. (2) Karakteristik karyawati Malang Town Square meliputi usia muda, berpendidikan minimal SMA sederajat, berkepribadian baik, komunikatif demi mendapatkan konsumen. (3) Kontribusi ekonomi karyawati terhadap perekonomian keluarga berupa uang tunai maupun barang kebutuhan pokok yang mungkin dapat memenuhi kebutuhan pokok keluarga maupun kebutuhan tambahan untuk menunjang kehidupan keluarga. (4) Aktualisasi diri karyawati Malang Town Square berupa penerimaan diri atas diri sendiri, keterampilan di bidang retail, kepercayaan diri karena kemampuan yang dimiliki, kemandirian secara finansial. Saran peneliti bagi karyawati Malang Town Square diharapkan dapat mengelola pendapatan dengan baik, mengingat pekerjaan yang mereka jalani menerapkan sistem kontrak oleh sebab itu ada baiknya karyawati menyisihkan pendapatan untuk ditabung yang dapat digunakan demi kebutuhan masa depan atau kebutuhan mendadak. Selain itu karyawati diharapkan memikirkan pekerjaan jangka panjang.