SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Konstruksi Sosial atas Makna Tradisi Upacara Yaa Qawiyyu di Kelurahan Jatinom Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten

Devi Ismawati Agustina

Abstrak


RINGKASAN

Agustina, Devi Ismawati. 2018. Konstruksi Sosial atas Makna Tradisi Upacara Yaa Qawiyyu di Kelurahan Jatinom Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sukamto M.Pd, M.Si, (II) Agus Purnomo M.Pd.

 

Kata Kunci: konstruksi sosial, makna tradisi, tradisi Yaa Qawiyyu

Kebudayaan adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan manusia sebagai bentuk hasil cipta, rasa, dan karsa. Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Masyarakat Jawa percaya bahwa mereka hidup berdampingan dengan makhluk lain yang tidak tampak dan ditugaskan Tuhan untuk menjaga bumi. Atas dasar itulah, orang jawa selalu menjaga kehidupan, keseimbangan dan kestabilan dengan alam, salah satunya dilaksanakan dengan melakukan upacara-upacara tradisional. Adapun salah satu upacara tradisional masyarakat Jawa adalah tradisi upacara Yaa Qawiyyu di Kelurahan Jatinom, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten.tradisi upacara Yaa Qawiyyu merupakan suatu tradisi yang dilakukan masyarakat Jatinom setahun sekali yang jatuh pada bulan Sapar dalam penanggalan Jawa.

Berdasarkan latar belakang tersebut penulis merumuskan beberapa masalah diantaranya yaitu: (1) Bagaimana sejarah asal usul tradisi upacara Yaa Qawiyyu di Kelurahan Jatinom Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten? (2) Bagaimana proses pelaksanaan tradisi upacara Yaa Qawiyyudi Kelurahan Jatinom Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten? (3) Bagaimana konstruksi sosial atas makna tradisi upacara Yaa Qawiyyu di Kelurahan Jatinom Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten?

Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Kehadiran peneliti di lapangan sebagai instrumen sekaligus pengumpul data. Lokasi penelitian ini berada di Kelurahan Jatinom Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil yang didapatkan dari penelitian yang dilakukan adalah Bentuk konstruksi sosial yang terjadi yaitu seseorang mendapat pengaruh atau dorongan dari sesepuh dan lingkungan sekitar untuk melakukan tradisi upacara Yaa Qawiyyu. Para leluhur dan lingkungan sekitar menceritakan kepada generasi tentang tradisi upacara Yaa Qawiyyu yang dilakukan dengan tujuan untuk menghormati perjuangan Kyai Ageng Gribig dalam mensyiarkan agama Islam di Jatinom. Sehingga membuat generasi harus melakukan tradisi upacara Yaa Qawiyyu setiap tahunnya.Adanya proses konstruksi sosial yang terjadi di masyarakat membentuk kepercayaan atas tradisi upacara Yaa Qawiyyu yang diyakini bersama.

Tradisi upacara Yaa Qawiyyu selalu menarik untuk untuk dijadikan sebagai topik penelitian. Seiring perkembangan jaman suatu tradisi akan terus menerus mengalami perubahan. Maka peneliti selanjutnya disarankan untuk menggali terkait dengan tradisi upacara Yaa Qawiyyu melalui perspektif yang berbeda seperti fenomenologi maupun interaksionisme simbolik.