SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Dampak Keberadaan Desa Adenium Terhadap Kehidupan Sosial Petani Bunga di Dusun Miru Desa Banyuurip Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik

Muhammad Zubairi Tri Utomo

Abstrak


ABSTRAK

Utomo, Muhammad Zubairi Tri. 2018. Dampak Keberadaan Desa Adenium Terhadap Kehidupan Sosial Petani Bunga Di Dusun Miru Desa Banyuurip Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. I Nyoman Ruja, S.U, (II) Dra. Hj. Siti Malikha Towaf, M.A., Ph.D.

Kata Kunci: Dampak, Kondisi Sosial, Petani Bunga.

         

Adenium merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki keindahan selain dari bunganya juga dari batang dan keunikan bonggol. Desa Adenium berada di Dusun Miru Desa Banyuurip Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik. Mayoritas masyarakat Dusun Miru berprofesi sebagai petani bunga. Keberadaan Desa Adenium tentu membawa dampak pada masyarakat sekitar, terutama petani bunga.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana karakteristik Desa Adenium di Dusun Miru Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik? (2) Bagaimana aktifitas Desa Adenium di Dusun Miru Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik? (3) Bagaimana dampak keberadaan Desa Adenium terhadap kehidupan ekonomi petani bunga Dusun Miru Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik? (4)Bagaimana dampak keberadaan Desa Adenium terhadap kehidupan sosial petani bunga Dusun Miru Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti berfungsi sebagai instrumen kunci.Lokasi penelitian ini terletak di Dusun Miru Desa Banyuurip Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik. Sumber data yang digunakan yaitu dataprimer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunkan model analisis Miles dan Huberman, yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Tahap penelitian meliputi tahap persiapan, tahap rancangan, tahap pelaksanaan dan tahap laporan.

Berdasarkan analisis data, diperoleh empat kesimpulan hasil penelitian. Pertama, kondisi geografis Dusun Miru mendukung budidayaAdenium,mayoritas penduduk Dusun Miru bekerja sebagai petani bunga, kekhasan dari Desa Adenium yakni keberadaan tanaman Adenium yang dibudidayakan oleh sebagian besar masyarakatnya. Kedua, wisatawan dapat menikmati suasana desa yang sejuk dan asri, aktifitas yang paling nampak yakni aktifitas jual beli tanaman hias. Ketiga, keberadaan Desa Wisata Adenium membawa dampak ekonomi yakni meningkatnya pendapatan petani bunga, menyerap tenaga kerja sebagai buruh dan pilihan pekerjaan dengan usaha budi daya Adenium. Keempat, keberadaan Desa Wisata Adenium membawa dampak sosial yakni mendorong adanya interaksi antara pengunjung dengan petani bunga dan hubungan antar petani bunga yang terjalin semakin baik, yang tercermin dari sikap kerja sama.

Saran yang bisa diberikan pada penelitian selanjutnya adalahuntuk mengkaji lebih luas mengenai dampak sosial dengan perspektif yang berbeda atau mengungkap dampak sosial kaitanya padatingkat pendidikan.