SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Gaya HidupHedonisMahasiswa FIS UM dan Dampaknya Pada Prestasi Akademik (Studi Interaksi Simbolik)

I Canda Perwiranda

Abstrak


ABSTRAK

 

Perwiranda, I Canda. 2018. Gaya HidupHedonisMahasiswa FIS UM dan Dampaknya Pada Prestasi Akademik (Studi Interaksi Simbolik). Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) I Dewa Putu Eska sasnanda, M, Ant., (2) Dra. Hj. Siti Malikah Towaf, M.A., Ph.D.

Kata Kunci: Gaya Hidup, Hedonis, mahasiswa, PrestasiAkademik, InteraksiSimbolik

Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Mahasiswa FIS UM mengenal gaya hidup hedonis karena adanya rasa ingin tahu yang tinggi. Gaya hidup hedonis sangat menarik bagi mahasiswi, dimana prilaku pada usia remaja hanya menginginkan kesenangan. Perilaku tersebut lama kelamaan mengakar dalam kehidupan masyarakat termasuk para mahasiswi yang pada akhirnya menjadi seperti sebuah budaya bagi mereka tingkat pengetahuan dan pendidikan juga sangat berpengaruh pada pembentukan sikap mental para Mahasiswi.Penelitian ini memiliki empat rumusan masalah yang akan dicari jawabannya yaitu: (1) Apa motivasi gaya hidup hedonis mahasiswa FIS UM?, (2) Apa saja bentuk gaya hidup hedonis mahasiswa FIS UM?, (3) Bagaimana interaksi simbolik dari gaya hidup hedonis mahasiswa FIS UM?, (4) Bagaimana dampak gaya hidup hedonis pada prestasi akademik mahasiswa FIS UM?.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknikpengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pendukung dan informan kunci dengan teknik snowball. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data temuan pada penelitian ini meliputi perpanjangan pengamatan penelitian dan ketekunan pengamatan penelitian. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil yaitu (1) Mahasiswa FIS UM memiliki beberapa motivasi dalam bergaya hidup hedonis, yaitu: rasa ingin tahu, mengikuti Tren, dan hiburan. (2) Bentuk gaya hidup hedonis mahasiswa FIS UM ada 4 yaitu : Berbelanja (Shopping) secara berlebihan, Jalan-jalan (Travelling) dalam dan luar kota yang membutuhkan uang cukup tinggi, Pergi ke Kafe (Nongkrong) setiap hari, dan Pergi ke tempat hiburan malam (Clubbing). (3) Terdapat dua cara memunculkan interaksi simbolik pada gaya hidup hedonis mahasiswa FIS UM sebagaiberikut: Benda-benda kasat mata (obyek fisik) yang digunakan oleh mahasiswa FIS UM dan Kata-kata dan tindakan yang dilakukan Mahasiswa FIS UM dalam bergaya hidup hedonis. (4) Gaya hidup hedonis mahasiswa FIS UM memiliki dampak negatif pada perkuliahan. Ada beberapa dampak negatif sebagai berikut: Berkurangnya minat beli buku, memunculkan perilaku berbohong, gangguan dalam perkuliahan, dan pengabaian tugas kuliah.