SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kinerja Guru IPS Dikaji dari Latar Belakang Pendidikan di SMP Negeri 4 Malang

Ayu Dewi Puspitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspitasari, Ayu Dewi. 2017. Kinerja Guru IPSDikajidariLatarBelakangPendidikandi SMP Negeri 4 Malang. Skripsi. Prodi Pendidikan IPS, FakultasIlmuSosial, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Hj. SitiMalikhahTowaf, M.A, Ph.D(2) I DewaPutuEskasasnanda.,S.Ant., M.A.

 

Kata Kunci: Guru IPS, Latar Belakang Pendidikan, Kinerja Guru.

 

Sebagai tenaga profesional, seorang guru idealnya memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Tujuan dari tuntutan tersebut adalah mendapatkan hasil kinerja yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana latar belakang pendidikan guru IPS di SMP Negeri 4 Malang? (2)Bagaimanakinerja guru IPS di SMP Negeri 4 Malang? (3)Apa saja kendala yang dihadapi guru IPS di SMP Negeri 4 Malang ketika melaksanakan pembelajaran IPS?.

      Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai pengamat non partisipasi. Lokasi penelitian berada di SMP Negeri 4 Malang. Sumber data primer diperoleh dari guru IPS dan wakil kepala bagian kurikulum sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari profil sekolah dan dokumen perangkat pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studidokumen. Analisis data menggunakan Miles & Hubberman: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, danpenarikan kesimpulan. Pengecekan kebasahan temuan menggunakan triangulasi teknik. Tahap pada penelitian ini yaitu tahap pra lapangan, tahap penelitian dan tahap pelaporan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Latar belakang pendidikan yang dimiliki guru IPS di SMPN 4 Malang masih banyak yang belum sesuai dengan mata pelajaran yang diampu yaitu IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). (2) Kinerja guru IPS di SMPN 4 Malang dilihat dari aspek perencanaan,sebelum melaksanakan pembelajaran guru sudah membuat RPP dan silabus terlebih dahulu. Dilihat dari aspek pelaksanaan, media yang biasa digunakan guru IPS adalah LCD, gambar, peta dan kliping. Sedangkan dilihat dari aspek penilaian, sistem penilaian yang biasa digunakan guru adalah penilaian proses, pengetahuan dan sikap.(3) kendala yang dihadapi guru IPS di SMPN 4 Malang adalah guru kurang menguasai materi dan kurang dalam hal menerpadukan beberapa disiplin ilmu yang tercakup dalam mata pelajaran IPS.

Saran bagi sekolah yakni meningkatkan sarana prasana di sekolah dan mengirimkan guru IPS ke lembaga pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Saran bagi guru IPS yaitu diharapkan lebih sering lagi mengikuti pelatihan maupun seminar yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diampu dan menambah referensi tentang model-model pembelajaran serta media pembelajaran yang terbaru. Saran bagipeneliti lain yang ingin melakukan penelitian mengenai kinerja guru IPS hendaknya menambah variabel lain selain latar belakang pendidikan guru. Selain itu, hendaknya peneliti lain lebih memperluas cakupannya dengan menambah jumlah tempat penelitian.