SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPNEGERI 2 TALUN KABUPATEN BLITAR

Desti Nilasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Nilasari, Desti. 2017. “Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMPNegeri 2 Talun Kabupaten Blitar”. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. I Nyoman Ruja, SU. (2) I Dewa Putu Ekasasnanda S.Ant., M.A

 

Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar, IPS

Pendidikan merupakan kunci utama terbentuknya sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten dalam membangun bangsa. Sehingga dibutuhkan seorang guru yang berkualitas dalam proses pembelajaran dan membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar. Oleh karena itu, perlu adanya strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, agar tujuan pembelajaran dapat berjalan dengan baik.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran IPS di SMPNegeri 2 Talun Kabupaten Blitar? (2) Bentuk-bentuk kesulitan belajar apa saja yang dihadapi siswa pada mata pelajaran IPS di SMPNegeri 2 Talun Kabupaten Blitar? (3) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi  kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPNegeri 2 Talun Kabupaten Blitar?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualittaif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SMPNegeri 2 Talun Kabupaten Blitar. Informan dalam penelitian ini adalah informan pendukung yaitu kepala sekolah, guru BK serta informan kunci adalah guru IPS dan siswa. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis menggunakan Miles dan Haberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan analisis data yang diperoleh ada tiga kesimpulan dari hasil penelitian. Pertama, Pelaksanaan proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Talun berpedoman pada RPP kurikulum 2006 (KTSP) dibuat dalam wadah MGMP se-Kabupaten Blitar.Kedua, bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa diantaranya karena materinya yang terlalu luas dan kesulitan pada materi menghitung sala satunya skala pada peta. Adapun faktor yang menyebabkan kesulitan belajar yaitu faktor internalmeliputi minat belajar rendah, kelelahan dan faktor eksternal yang meliputi kurang motivasi, dan fasilitas yang kurang memadai. Ketiga, strategi yang digunakan guru yaitu dengan menggunakan model pembelajaran seperti diskusi dan piture and piture, memberikan motivasi,melakukan pendekatan dengan siswa, melakukan bimbingan belajar dan memberikan soal remidi. Saran untuk sekolah agar meningkatkan fasilitas yang lebih menunjang proses pembelajaran. Sedangkanuntuk peneliti selanjutnya supaya membahas tentang bagaimana upaya siswa dalam mengalami kesulitan belajarnya dan bagaimana peran orang tua dalam membantu anaknya yang mengalami kesulitan belajar.