SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Strategi Diplomasi Adam Malik dalam Politik Luar Negeri Indonesia

Ari Witantri

Abstrak


Pelaksanaan politik luar negeri Indonesia didasari oleh perhitungan awal para pemimpin bahwa perjuangan bersenjata melawan Belanda tidak akan berhasil mencapai sasaran. Oleh sebab itu digunakan cara lain untuk perjuangan selain dengan cara bersenjata, perjuangan mencapai kemerdekaan juga dicapai dan dipertahankan melalui proses diplomasi yang melibatkan mediasi pihak ketiga. Dalam masa awal politik luar negeri Indonesia, salah satu cara pelaksanaan politik luar negeri adalah melalui diplomasi. Dalam sejarah pelaksanaan politik luar negeri Indonesiat tercatat seorang tokoh yang mempunyai peranan besar bahkan dianggap telah meletakkan dasar politik luar negeri OrdeBaru.

Penelitian ini menggunakanan jenis penelitian Library Research. Adapun yang dimaksud Library Research adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Dengan demikian penulisan karya ilmiah ini dilakukan berdasarkan hasil studi terhadap buku-buku yang berkaitan dengan politik luar negeri, diplomasi, hubungan internasional, politik luar negeri dan Adam Malik.

Hasil penelitian mengenaistrategi diplomasi Adam Malik dalam politik Indonesia ini menunjukkan bahwa Strategi dan perjuangan serta pengabdian Adam Malik senantia sasejalan dengan konsep pemikiranAdam Malik antara lain. Pertama, Adam Malik selalu mengedepankan perundingan dalam memecahkan masalah untuk menciptakan perdamaian. Dalam menghadapi pergaulan dunia Adam Malik selaluberusaha memelihara perdamaian dan meredakan pertentangan antara bangsa Indonesia bersama bangsa lain sesuai dengan tujuan bangsa Indonesia dalam PembukaanUndang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menentang terjadinya segala bentuk kekerasan yang berwujud ketidakadilan secara sosial.

 

Kedua, dengan jargon “semua bisa diatur” Adam Malik berpandangan bahwa selalu ada solusi dari setiap masalah yang dihadapi. Sehingga dalam strategi diplomasinya Adam Malik selalu mampu menemukan dan menggunakancelah yang ada untuk menyukseskan tujuan dari perundingan yang dilakukannya.Dalam kontek sdiplomasi, Semuanya dilakukan secara terbuka. Kata semua menyangkut segala masalah yang ada dan menanti untukdiselesaikan, kata bisadiatur menyangkut kepastian bahwa pada nantinnya masalah tersebut akandikompromikan, didiplomasikan dan dibicarakan melalui perundingan diplomat agar dicapai sebuah kesepakatan.