SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Bentuk Pengelolaan Pembelajaran Sistem Full Day School Di SMP Yadika Bangil Pasuruan

Dika Dwi Ebtanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Ebtanto, Dika Dwi. 2017. Bentuk Pengelolaan Pembelajaran Sistem Full Day School Di SMP Yadika Bangil Pasuruan. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. I Nyoman Ruja, S.U., (II) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant., M.A

 

Kata Kunci:  Bentuk Pengelolaan, Pembelajaran, Sistem Full Day School.

 

Kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari pendidikan penduduknya. Pendidikan merupakan salah satu unsur fundamental dalam kehidupan bangsa. Pendidikan merupakan salah satu syarat untuk lebih memajukan bangsa, karena keberadaan  suatu  bangsa  ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Berawal dari kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang berkualitas pemerintah pada tahun 2017 menerapkan konsep pendidikan baru yang dinamakan full day school.

Penelitian ini memiliki lima rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana sejarah  dilaksanakan sistem full day school di SMP Yadika Bangil Pasuruan?; (2) Bagaimana pelaksanaan dalam penerapan sistem  full day school di SMP Yadika Bangil Pasuruan?; (3) Faktor-faktor pendukung apa saja terhadap pelaksanaan sistem full day school di SMP Yadika Bangil Pasuruan?; (4) Faktor-faktor penghambat apa saja terhadap pelaksanaan sistem full day school di SMP Yadika Bangil Pasuruan?; (5) Bagaimana pendapat guru dan siswa terhadap pelaksanaan sistem full day school di SMP Yadika Bangil Pasuruan?

Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah informan pendukung yaitu Urusan Kesiswaan, Urusan Sarana prasarana, Guru, dan Siswa serta informan kunci adalah Kepala Sekolah dan Urusan Kurikulum. Analisis data menggunakan teknik analis data model interaktif Miles & Huberman.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran sistem full day school di SMP Yadika disebabkan oleh kebutuhan masyarakat Bangil yang menginginkan sekolah yang hampir sama dengan sistem di pondok pesantren. Aspek yang ditekankan dalam pengelolaan pembelajaran yaitu aspek karakter dan aspek akademik. Kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran yaitu kurikulum nasional KTSP 2006 dengan waktu pembelajaran yang menyesuaikan kebutuhan sekolah. Program sekolah seperti kegiatan rutin setiap hari, ekstrakulikuler wajib, dan ekstrakulikuler kepeminatan yang bertujuan untuk membentuk pengembangan diri siswa. Sarana prasarana yang memadai dalam kegiatan pembelajaran juga menjadi penunjang dalam pengelolaan pembelajaran sistem full day school di SMP Yadika Bangil Pasuruan. Terdapat beberapa hambatan dalam pengelolaan pembelajaran sistem full day school seperti sarana prasarana yang masih perlu ditambah.

Saran bagi peneliti selanjutnya mengingat masih belum banyak penelitian serupa, maka peneliti menyarankan untuk melakukan penelitian mengenai studi komparasi pada sekolah berbasis full day school dengan half day school atau problematika dalam pembelajaran sistem full day school.