SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Konstruksi Sosial Pendidikan di Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan

Auliya Fikri Nabila

Abstrak


ABSTRAK

 

Nabila, Auliya Fikri. 2017. Konstruksi Sosial Pendidikan di Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. GM. Sukamto, M.Pd.,M.Si, (II) Dra. Hj. Siti Malikhah Thowaf, M.A., Ph.D

 

Kata Kunci :Konstruksi Sosial, Pendidikan

 

Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan adalah salah satu daerah tingkat pendidikan di Kecamatan Lekok khususnya Desa Pasinan cukup rendah dengan angka Drop Out pada pendidikan menengah tertinggi, dan pencapaian hasil ujian nasional terutama di tingkat sekolah dasar yaitu di SDN Pasinan 1 selalumenempatiurutanterakhir di Kabupaten Pasuruan dengan kategori C pada tahun ajaran 2015/2016. Hal tersebut terbukti juga melalui data Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan tahun 2016 yang menyatakan sebanyak 13,758 orang usia 12-56 tahun tercatat tidak tamat SMP dan SMA. Masyarakat setempat berpandangan bahwa pendidikan bukanlah jaminan untuk hidup sejahtera.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana konstruksi sosial pendidikan dilihat dari kondisi sosial di desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan ? (2) Bagaimana konstruksi sosial pendidikan dilihat dari kondisi ekonomi di desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan ? (3) Bagaimana konstruksi sosial pendidikan dilihat dari kondisi budaya di desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konstruksi sosial atau pandangan masyarakat terhadap pendidikan dilihat dari kondisi sosial, ekonomi, budaya di Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan.Sumber data menggunakan dua jenis data berdasarkan sumbernya yaitu data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik Snowball. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini adalah Kostruksi sosial masyarakat Desa Pasinan terhadap pendidikan(1) Dilihat dari kondisi sosial, masyarakat Desa Pasinan memandang pendidikan sebagai sarana mobilitas sosial dimana dapat merubah status dan kedudukan di dalam masyarakat. (2) Dilihat dari kondisi ekonomi adalah masyarakat Desa Pasinan memandang pendidikan dapat mempermudah mencari pekerjan, memberikan posisi strategis dalam bekerja dan meningkatkan pangkat, jabatan serta gaji dalam bekerja. (3) Dilihat dari kondisi budaya, masyarakat Desa Pasinan memandang bahwa pendidikan tidaklah begitu penting jika dibandingkan dengan budaya fanatik terhadap agama dan juga pernikahan dini di masyarakat.

 Kesimpulan dari penelitian ini yaitu masyarakat Desa Pasinan memandang pendidikan sebagai hal yang positif dan diyakini dapat memperbaiki taraf hidup. Oleh sebab itu peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengkaji permasalahan pendidikan melalui studi fenomenologi atau etnografi di Desa Pasinan Kacamatan Lekok Kabupaten Pasuruan.