SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 SRENGAT KABUPATEN BLITAR)

Adisthie Sukma Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Adisthie Sukma. 2017. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar)”. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPS FIS Universitas Negeri Malang, Pembimbing: 1) Dra. Siti Malikhah Towaf M.A, Ph.D, 2) Dr. I Nyoman Ruja, SU

 

Kata Kunci: Media pembelajaran, IPS

 

Pendidikan merupakan suatu kegiatan dalam dunia pendidikan yang memiliki peranan penting dalam kehidupan di masa mendatang Salah satu mata pelajaran yang dianggap kurang menarik adalah IPS, mayoritas siswa menganggap IPS hanya ilmu menghafal tanpa adanya variasi pembelajaran di kelas. Namun sekarang guru IPS memilih pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang relevan dengan materi IPS dengan tujuan memperjelas sebuah konsep tentang materi yang diterangkan dalam kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apa media pembelajaran yang tersedia pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Srengat?, 2) Bagaimana penggunaan media dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Srengat ?, 3) Bagaimana permasalahan yang dihadapi guru IPS dalam pengembangan dan penggunaan media pembelajaran di SMP Negeri 1 Srengat ?, 4) Bagaimana upaya guru untuk mengatasi masalah media pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Srengat ?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti dalam penelitian ini sangatlah diperlukan karena peneliti sendiri yang bertindak sebagai instrument penelitian tersebut. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar. Sumber data menggunakan dua jenis data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan triangulasi dan meningkatkan ketekunan. Tahap-tahap dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap tahap persiapan penelitian, tahap pelaksanaan dan tahap laporan.

Berdasarkan analisis data, diperoleh empat kesimpulan dari hasil penelitian. Pertama SMP Negeri 1 Srengat merupakan sekolah yang menjadi Pilot Project kurikulum 2013 di Kabupaten Blitar. Kedua, media pembelajaran IPS yang digunakan untuk kelas VII berupa gambar dan video yang ditayangkan dalam bentuk power point, sedangkan untuk kelas VIII menggunakan media Klipping yang dimodifikasi dengan “Sosio Drama” dan kelas XI menggunakan media pembelajaran seperti Audio, gambar, maupun video yang sesuai dengan materi IPS di kelas. Ketiga, kendala yang dihadapi guru-guru IPS di SMP Negeri 1 Srengat tersebut adalah kurang pemahaman IT untuk pembuatan media pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan siswa. Keempat, upaya yang diberikan oleh pihak sekolah untuk guru IPS adalah dengan mewajibkan mengikuti Seminar tentang media pembelajaran yang biasanya dilakukan dari Perguruan Tinggi setiap hari Rabu. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu untuk melakukan penelitian tentang “Media pembelajaran IPS dan pengembangannya yang sesuai dengan mata pelajaran IPS”.