SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN IPS DALAM MENERAPKAN PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DI SMP NEGERI 2 MALANG

Tria Septi Wulandari

Abstrak


ABSTRAK

Wulandari, Tria Septi. 2017. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran IPS dalam Menerapkan Pendekatan Student Centered Learning (SCL) di SMP Negeri 2 Malang. Skripsi, Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf, Ph.D., (2) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant., M.A.

Kata Kunci: Guru, Kompetensi Pedagogik, Pendekatan Student Centered Learning (SCL)

            Pendidikan telah berlangsung sejak awal peradaban dan budaya manusia. Bentuk dan cara pendidikan itu telah mengalami perubahan sesuai dengan perubahan zaman dan tuntutan kebutuhan. Guru memiliki peran dalam mengajar dan mendidik siswa, serta dalam memajukan dunia pendidikan. Pemerintah telah merumuskan empat jenis kompetensi guru, sebagaimana tercantum dalam Penjelasan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 28 Ayat 3 tentang Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan yakni  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.

            Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pemahaman guru IPS tentang kompetensi pedagogik dan pendekatan Student Centered Learning (SCL) ?; (2) Bagaimana kompetensi pedagogik guru IPS dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil belajar dengan menggunakan pendekatan Student Centered Learning (SCL) ?; dan (3) Bagaimana usaha guru IPS dalam mengembangkan pembelajaran IPS dengan pendekatan Student Centered Learning (SCL) ?.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti yaitu sebagai instrumen kunci dalam penelitian. Lokasi penelitian berada di SMP Negeri 2 Malang. Sumber data yang digunakan yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahap penelitian yang dilakukan adalah tahap pendahuluan, tahap pengajuan proposal, tahap pelaksanaan, dan tahap penyusunan laporan.

            Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) pemahaman guru mengenai kompetensi pedagogik dan pendekatan Student Centered Learning (SCL) sudah baik; (2) perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran belum sepenuhnya menerapkan pendekatan Student Centered Learning (SCL); (3) usaha guru dalam mengembangkan pembelajaran IPS dengan pendekatan Student Centered Learning (SCL) yakni mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) serta seminar.

            Saran bagi peneliti selanjutnya, (1) diharapkan dapat meneliti dengan memanfaatkan perspektif lain di luar teori konstruktivisme; (2) diharapkan peneliti lain dapat menggali mengenai kompetensi yang lainnya tidak hanya fokus pada kompetensi pedagogik tetapi juga kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial.