SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Dampak Kecanduan Game Clash Of Clans Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 1 Porong

Mokhammad Ilham Fuady

Abstrak


ABSTRAK

 

Fuady, Mokhammad Ilham. 2017. Dampak Kecanduan Game Clash Of Clans Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Porong. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant., M.A (II) Dr. I Nyoman Ruja, S.U

 

Kata Kunci: Game, Clash Of Clans, Siswa, Hasil Belajar

Salah satu bentuk hiburan yang berkembang beberapa tahun ini adalah game online. Game online berbasis smartphone ini lebih disenangi anak-anak karena lebih mobile dan dapat dimainkan kapanpun dan di manapun. Jenis game berbasis smartphone salah satunya adalah game clash of clans. Kekhawatiran akibat kecanduan gameclash of clans dapat berbahaya bagi pelajar khususnya siswa SMPN 1 Porong. Ketika pelajar menjadi kecanduan game online dan tidak dapat lepas dari smartphone, hilangnya konsentrasi belajar dikarenakan memikirkan game saja. Dampak dari hilangnya konsentrasi belajar adalah hasil belajar mereka menjadi menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)Apa yang melatarbelakangi siswa SMPN 1 Porong bermain game clash of clans?, (2) Bagaimana karakteristik pemain clash of clans di SMPN 1 Porong?, (3) Bagaimana dampak game clash of clans terhadap hasil belajar siswa di SMPN 1 Porong?

Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data terdiri dari pengamatan (observasi), wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi pustaka. Informan dalam penelitian ini adalah informan pendukung yaitu guru BK dan guru IPS serta informan kunci adalah siswa yang kecanduan game clash of clans dan guru/wali kelas dari siswa yang kecanduan game clash of clans. Analisis data menggunakan teknik analis data model interaktif Miles & Huberman.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa bermain game clash of clans di latar belakangi oleh pengaruh teman, saudara, rasa ingin tahu, kesepian, update berkala, dan keberadaan wifi di sekolah Karakteristik pemain game clash of clans adalah laki-laki pemain lebih bangga ketika mendapat kenaikan jabatan. Rata-rata pemain game clash of clans setiap hari bermain selama 2-3 jam. Hasil belajar siswa yang kecanduan game clash of clans adalah rata-rata dan di atas rata-rata. Siswa yang dapat mengendalikan dan tahu waktu kapan belajar serta bermain hasil belajarnya di atas rata-rata begitu sebaliknya. Mereka tergolong siswa yang pandai meskipun mereka salah satu anak yang kecanduan game clash of clans.

 

Bagi peneliti yang akan datang agar dapat membahas peran serta sekolah dalam upaya mengatasi kecanduan game online khususnya game online berbasis smartphone di kalangan siswa.Game berbasis smartphone sangat mudah dibawa kemana saja dan dimainkan kapan saja. Mengingat pengaruh game terhadap siswa sangat mengganggu konsentrasi siswa yang berakibat menurunnya hasil belajar siswa.