SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Konstruksi Sosial dan Aktivitas Belajar Siswa Korban School Bullying Kelas VII di SMP Negeri 10 Malang

Nelly Isroy Camelya

Abstrak


ABSTRAK

 

Camelya, Nelly Isroy. 2017. Konstruksi Sosial dan Aktivitas Belajar Siswa

Korban School Bullying Kelas VII di SMP Negeri 10 Malang. Skripsi,

Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. GM.Sukamto M.Pd, M.Si, (II) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant., M.A.

 

Kata Kunci: konstruksi sosial, korban school bullying, aktivitas belajar

Salah satu perilaku menyimpang yang dapat menghambat ketercapaian pembelajaran di sekolah adalah bullying. Bullying merupakan penyalahgunaan kekuasaan oleh pihak yang kuat terhadap pihak yang lemah secara berulang kali. Tindakan bullying mulai marak dilakukan pada awal masuk kelas VII. Bullying dapat memberikan pengaruh buruk lebih banyak bagi korbannya, salah satunya adalah menurunnya ativitas belajar korban bullying.

Masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah: (1) apa saja karakteristik siswa korban school bullying kelas VII di SMP Negeri 10 Malang?; (2) apa saja bentuk bullying yang dialami siswa korban school bullying kelas VII di SMP Negeri 10 Malang?; (3) bagaimana konstruksi sosial penyebab bullying yang dialami siswa korban school bullying kelas VII di SMP Negeri 10 Malang?; (4) bagaimana konstruksi sosial dan aktivitas belajar siswa korban school bullying kelas VII di SMP Negeri 10 Malang?; (5) bagaimana konstruksi sosial guru dalam memberikan intervensi terhadap school bullying di SMP Negeri 10 Malang?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan kunci adalah siswa kelas VII korban school bullying. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik siswa korban school bullying kelas VII di SMP Negeri 10 Malang adalah memiliki harga diri yang rendah, bersikap tidak menyenangkan dan memiliki teman sedikit. (2) Bentuk bullying yang dialami siswa korban school bullying kelas VII adalah fisik, verbal, psikologis dan elektronik. (3) Konstruksi sosial penyebab bullying yang dialami siswa korban school bullying kelas VII adalah karena pelaku, penonton