SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Papar

Sri Utami

Abstrak


ABSTRAK

Utami, Sri. 2016. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Papar. Skripsi, Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf, M.A, Ph.D., (II) Drs. Soetjipto, S.H., M.Pd.

Kata Kunci:Numbered Heads Together (NHT), Motivasi, Hasil Belajar,

Peranan guru untuk mencapai keberhasilan dalam suatu pembelajaran sangatlah besar terutama dalam memberikan materi pelajaraan. Pada umumnya untuk mengejar pencapai kurikulum para guru akan memilih jalan termudah. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru IPS hanya menggunakan model yang menekankan pemberian informasi saja, dalam hal ini guru menggunakan model ceramah tanpa melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Numbered Heads Together (NHT) adalah suatu model belajar dimana setiap siswa diberi nomor kemudian dibentuk suatu kelompok dan setiap kelompok diberi tugas yang akan didiskusikan kemudian secara acak guru memanggil nomor dari siswa.Metode ini mengedepankan aktivitas peserta didik dalam mencari dan mengolah data dari beberapa temannya yang akhirnya dipresentasikan di depan kelas.

Rumusan Masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran NHT dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Papar? (2) Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar IPS melalui model pembelajaran NHT pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Papar? (3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran NHT pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Papar?.

Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang terdiri dari tiga pertemuan pada setiap siklusnya. Data penelitian berupa hasil belajar diperoleh melalui tes yang diberikan kepada siswa pada setiap akhir siklus. Data penelitian motivasi belajar diperoleh melalui instrument angket yang diberikan kepada siswa pada setiap akhir siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa NHT dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa pada siklus I sebesar 77,62% dengan kategori “Sedang”. Pada siklus II meningkat menjadi 95,08%% dengan kategori “Tinggi”. Peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I kesiklus II sebesar 17,46%%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa NHT dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada siklus I sebesar 72,11% . Pada siklus II meningkat menjadi 79,17% . Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I kesiklus II sebesar 7,06%. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melaksanakan penelitian sejenis yang tujuannya memperbaiki dan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran yang bervariasi dengan subyek penelitian dan materi yang berbeda.Sebelum menerapkan model NHT perlu pengarahan agar siswa tidak bingung dan menghabiskan waktu, pada media pembelajaran sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang bervariasi agar menarik perhatian siswa.