SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh penerapan model pembelajaran teams games tournament (tgt) terhadap hasil belajar mata pelajaran ips siswa kelas vii smpn 1 srengat

alfif via triani

Abstrak


ABSTRAK

Triani, Alfif Via. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Srengat. Proposal Skripsi, Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dra. Siti Malikhah Towaf, M.A., Ph.D., (II) Drs. Soetjipto, S.H., M.Pd.

 

Kata Kunci : Mata Pelajaran IPS,Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar IPS

 

Mata pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran di SMP yang diajarkan secara terpadu di dalamnya. Guru memiliki peran penting dalam menentukan model, metode strategi pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan memberikan semangat dan minat siswa untuk mempelajari materi pembelajaran di sekolah sehingga nilai yang dihasilkan akan meningkat; salah satunya dengan menggunakan model pembelajaraan koperatife tipe Teams Games Tournament (TGT).

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah:(1) Bagaimana model pembelajaran Teams Games Tournment (TGT) ini diterapkan dalam mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 1 Srengat? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournment (TGT) terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Srengat?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 1 Srengat tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 9 kelas, penentuan sampel dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan kedua kelas memiliki kemampuan rata-rata sama. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan model TGT dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang mengajar dengan model ceramah dan diskusi biasa, jumlah siswa sama 36 siswa 20 perempuan dan laki-laki 16 orang.

Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh model pembelajaran Times Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa. Terdapat peningkatan nilai yang signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan pada kelas kontrol yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 15,1 jauh lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 7. Dilihat dari hasil uji hipotesis nilai signifikansi sebesar 0,007 < 0,05 jadi Ho ditolak dan H1 diterima.Artinya ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP N 1 Srengat pada mata pelajaran IPS. Peneliti selanjutnya disarankan sebelum menerapakan model TGT perlu pengarahan agar siswa tidak bingung dan menghabiskan waktu, pada turnamen untuk kartu soal sebaiknya menggunakan amplop soal berwarna agar lebih beragam.