SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perempuan Pemetik Teh di Perkebunan Wonosari Toyomarto

Siska Astarina

Abstrak


ABSTRAK

Astarina, Siska. 2016. Perempuan Pemetik Teh di Perkebunan Wonosari Toyomarto. Skripsi. Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Nyoman Ruja, S.U. (II) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant, M.A.

 

Kata Kunci: Buruh Perempuan, Kebutuhan Rumah Tangga

 

Eksistensi teh semakin hari semakin meningkat, bahkan mengglobal. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin maraknya makanan dan minuman yang beraneka macam yang terbuat dari olahan teh. Banyak sekali olahan dari teh yang bermanfaat bagi kesehatan, kecantikan, dan sebagainya. Dibalik semakin eksisnya teh ini muncul pertanyaan apakah para buruh perempuan pemetik teh yang setiap harinya harus berada di kebun teh dari pagi hingga sore hari dan memikul puluhan kilo dedaunan teh dapat menikmati dan mencukupi kebutuhan hidupnya.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana karakteristik perempuan pemetik teh di Dusun Glatik? (2) Apa motivasi perempuan Dusun Glatik menjadi buruh pemetik teh? (3)Apakah hasil bekerja sebagai buruh pemetik teh mampu memenuhi kebutuhan rumah tangga?

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Dusun Glatik Desa Toyomarto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini menggunakan ketekunan pengamatan dan perpanjang kehadiran. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan ialah tahap persiapan, tahap rancangan penelitian, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan.

 

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa karakteristik perempuan pemetik teh berumur antara 35-60 tahun dan pendidikan hanya sampai tingkat SD. Motivasi perempuan pemetik teh yakni untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan membantu suami. Hasil bekerja sebagai pemetik teh dapat membantu para perempuan Dusun Glatik dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, saran yang bisa diberikan bagi peneliti selanjutnya adalah agar mengkaji lebih dalam mengenai hak-hak yang seharusnya diperoleh buruh perempuan pemetik teh.