SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Daya Tarik Alam Semeru Serta Permasalahan Sampah di Dalamnya

Pipit Fitriana

Abstrak


­

ABSTRAK

Fitriana, Pipit. 2016. Daya Tarik Alam Semeru Serta Permasalahan Sampah di Dalamnya. Malang. Prodi Pendidikan IPS. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Nyoman Rudja, S.U, Pembimbing (II) Drs. Soetjipto, S.H., M.Pd.,

Kata Kunci: Gunung Semeru,  Taman Nasional Bromo tengger Semeru, Pendaki, Sampah

Gunung Semeru banyak didaki oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena memiliki keindahan tersendiri yaitu terdapat danau, padang rumput, hutan cemara, dan puncak. Danau Ranu Kumbolo merupakan wisata alam yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang ramai dikunjungi wisatawan. Kawasan yang selalu ramai berbanding lurus dengan sampah yang dihasilkan. Keberadaan sampah di Gunung Semeru terutama di sekitar Danau Ranu Kumbolo lebih parah dibandingkan dengan wisata pegunungan lainnya di Pulau Jawa, Bali, dan Lombok. Sampah yang tidak dikelola dengan baik dapat mencemari perairan Danau Ranu Kumbolo. Penumpukan sampah-sampah yang ditinggalkan oleh para pendaki, akibatnya nilai estetika dari alam tersebut menjadi berkurang, sumberdaya air, tanah dan udaranya pun tercemar, hal ini akan mengganggu keseimbangan hidup. Oleh sebab itu perlu dicari solusi agar permasalahan tersebut tidak berlarut-larut dan menimbulkan bencana bagi masyarakat di kawasan Gunung Semeru.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apa motivasi pendaki mendaki Gunung Semeru? (2) Bagaimana karakteristik pendaki Gunung Semeru? (3) Apa solusi dari pemerintah setempat untuk mengatasi permasalahan sampah yang terdapat di kawasan Gunung Semeru?

Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari informan yang diwawancarai, sumber data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan atau literatur. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Model analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Pemeriksaan keabsahan menggunakan triangulasi.

Hasil dari penelitian mengenai "Daya Tarik Alam Semeru Serta Permasalahan Sampah di Dalamnya": (1) Motivasi yang dimiliki para pendaki salah satunya ialah melatih ketahanan mental dan fisik, serta ingin menikmati keindahan alam Gunung Semeru. (2) Karakteristik yang dimiliki para pendaki di Gunung Semeru terdiri perilaku penanganan sampah, usia, jenis kelamin, pendidikan, jumlah kunjungan, dan tempat responden melakukan BAB. (3) Solusi untuk mengatasi permasalahan sampah yang ditinggalkan pendaki ialah memberikan sanksi yang tegas dengan sejumlah uang, melakukan pengawasan yang lebih ketat di jalur pendakian Gunung Semeru.

Saran bagi peneliti selanjutnya, (1) diharapkan dapat mengembangkan penelitian selanjutnya dengan menggunakan perspektif yang lain. (2) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan aspek penelitian misalnya masyarakat Tengger, Ekowisata Gunung Semeru atau aspek lainnya.