SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Kawasan Wisata Taman Nasional Baluran (Studi Kasus Di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo)

Rezki Gita Amalia

Abstrak


ABSTRAK

 

Amalia, Rezki Gita. 2016. Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Kawasan Wisata Taman Nasional Baluran (Studi Kasus Di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo). Skripsi, Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. I Nyoman Ruja, S.U. (II) Drs. Soetjipto, S.H., S.E., M.Pd.

 

 Kata Kunci: Kondisi Sosial Ekonomi, Pariwisata, Masyarakat Desa,

   Tindakan Sosial, Perubahan Sosial, Wonorejo.

 

Seiring perkembangan kegiatan pariwisata di Taman Nasional Baluran dan meningkatnya jumlah pengunjung mengakibatkan masyarakat kawasan wisata terutama masyarakat desa Wonorejo. Masyarakat Desa Wonorejo yang melihat peluang ekonomi dari banyaknya pengunjung Taman Nasional Baluran dengan membuka homestay, penyedia jasa transportasi, membuka warung makanan dan minuman. Keberadaan Taman Nasional Baluran menimbulkan perubahan bagi kondisi sosial ekonomi masyarakat sekitar karena adanya kegiatan pariwisata. Terutama bagi masyarakat yang bekerja di sektor pariwisata karena adanya peningkatan pendapatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perkembangan Taman Nasional Baluran ?; (2) Bagaimana kondisi sosial ekonomi masyarakat kawasan wisata Taman Nasional Baluran ?.

 

Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatatif dengan metode deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara secara mendalam untuk memperoleh data langsung dari sumbernya (data primer), untuk dokumentasi dan studi kepustakaan dilakukan untuk memperoleh data sekunder. Analisis data dengan model Miles dan Huberman dimana ada 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kredibilitas, transferbilitas dan dependabilitas digunakan peneliti untuk mengecek keabsahan data yang diperoleh.

 

Hasil penelitian diperoleh kesimpulan (1) Perkembangan Taman Nasional Baluran dilihat dari jumlah kunjungan wisatawan sangat meningkat. Peningkatan jumlah wisatawan disebabkan beberapa faktor seperti meningkatnya minat wisata alam oleh wisatawan, promosi yang dilakukan oleh Taman Nasional Baluran, serta perbaikan infrastruktur. (2) Kondisi sosial ekonomi masyarakat desa Wonorejo yang bekerja di sektor wisata mengalami peningkatan. Selain meningkatnya pendapatan, perubahan-perubahan sosial juga mulai terjadi pada masyarakat Desa Wonorejo, yaitu meningkatnya taraf pendidikan masyarakat Desa Wonorejo serta menurunnya intensitas gotong royong yang dilakukan masyarakat. Berdasarkan pada penelitian ini diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat mengkaji partisipasi masyarakat Desa Wonorejo dalam mengembangkan usaha wisata.