SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran IPS berbasis Komik Pada Materi Keragaman Sosial Budaya Sebagai Hasil Dinamika Interaksi Manusia untuk SMP Kelas VII

Perpustakaan UM

Abstrak


ABSTRAK

 

Firsarula, Chindra. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran IPS berbasis           Komik Pada Materi Keragaman sosial budaya sebagai hasil dinamika interaksi manusia Untuk SMP Kelas VII. Skripsi, Program Studi      Pendidikan Ilmu Pengetahuan       Sosial,  Fakultas Ilmu Sosial, Universitas        Negeri Malang. Pembimbing:(I) Dra. Siti Malikhah Towaf, M.A., Ph.D.,           (II) Drs. Soetjipto, S.H., M.Pd.

Kata Kunci: Media, Komik, Pembelajaran, IPS.

Pembelajaran adalah suatu proses komunikasi yang dilakukan untuk menyampaikan suatu informasi. Maka dari itu, penggunaan media pembelajaran menempati posisi penting sebagai salah satu sistem pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran IPS. Ahmadi dan Amri (2013:9) mengemukakan mengenai IPS bahwa “IPS merupakan mata pelajaran yang mempelajari kehidupan sosial yang kaitanya mengintegerasikan bidang -bidang ilmu sosial dan humaniora.”, Sehingga pembahasan materi IPS yang banyak konsep-konsepnya dan bersifat  abstrak  membutuhkan visualisasi untuk mempermudah siswa memahami materi  yang  disampaikan guru. Salah satu  alternatif  yang  dapat digunakan  untuk  mempermudah  penyampaian  materi  adalah  penggunaan media pembelajaran yang tepat. Penelitian dan pengembangan komik ini akan dikembangkan lagi dengan inovasi baru yakni terletak pada desain komik, alur cerita pada komik, produk jadi, dan materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yakni menghasilkan produk media pembelajaran IPS yang berupa media komik pembelajaran.

Metode penelititan ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa inggris disebut dengan Research and Development. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif. Model pengembangan deskriptif ini adalah model pengembangan dengan menggariskan langkah langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Langkah tersebut sebagai berikut 1) Analisis kebutuhan, 2) Perumusan tujuan, 3) Desain media, 4)Produksi media, 5) Prototipe media 6) Validasi media 7) Revisi produk  8) Uji coba produk 9) Produk Akhir. Jenis data dalam pengembangan ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data pada data kualitatif adalah analisis isi, saran, dan kritikan dari validator, sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan data kuantitatif pada angket yakni dengan hasil prosentase, sedangkan pada tes digunakan perhitungan rata – rata.

Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu media pembelajaran IPS berbasis komik dengan materi keragaman sosial budaya sebagai hasil dinamika interaksi manusia. Hasil validasi dari ahli materi, media, dan guru IPS memperoleh rata – rata total dari semua aspek penilaian yakni 3,9 yang berada pada rentang 3,2 – 5,0. Hasil dari pre dan post test yakni Sebelum menggunakan media nilai rata – rata kelas adalah 52 sedangkan setelah penggunaan media nilai rata – rata kelas adalah 83. Hasil penilaian media oleh siswa dilaksanakan dengan angket tertutup dengan 10 pertanyaan mengenai media komik pembelajaran. Dari hasil penilaian media oleh 34 siswa secara keseluruhan rata – rata presentase yang didapatkan dari 10 pertanyaan adalah 93%. Hal ini menunjukan bahwa media komik berada pada rentang 80 – 100%. Sehingga media komik pembelajaran ini dapat dikatakan valid dan sangat baik, sangat layak untuk dapat dipergunakan dalam pembelajaran IPS dengan materi keragaman sosial budaya sebagai hasil dinamika interaksi manusia. Dengan hasil yang sangat layak ini maka masih sangat perlu dikembangkan kembali media pembelajaran dengan materi pembelajaran yang lain.

Saran yang diberikan peneliti antara lain yakni saran untuk pemanfaat, saran untuk pengguna dan saran untuk pengembang dan peneliti lebih lanjut. Saran untuk pemanfaat yakni sebaiknya pemanfaat mendapatkan minimal 1 media komik untuk pembelajaran. Saran untuk pengguna antara lain yakni pengguna menggunakan media komik sebagai variasi media pembelajaran, pengguna diharapkan turut menularkan penggunaan media komik ini kepada pengguna lain agar media dapat digunakan secara lebih luas. Sedangkan untuk peneliti dan pengembang lebih lanjut saran yang diberikan oleh peneliti antara lain yakni perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memperoleh data, masukan, dan saran agar menggunakan media pembelajaran berbentuk komik yang dikembangkan lebih maksimal, Pengembang atau peneliti diharapkan mampu mengukur diri dalam kesiapan pengetahuan, keterampilan, pendanaan, tenaga dan waktu yang tersedia untuk melaksanakan penelitian dan pengembangan, Pengembang atau peneliti diharapkan telah memiliki konsep yang matang terhadap produk yang akan dikembangkan, Peneliti dan pengembang selanjutnya juga dapat mengembangkan media komik untuk materi yang lain. Peneliti dan pengembang selanjutnya juga dapat mengembangkan media komik dengan materi dan media yang bervariasi.