SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH GAME ONLINE SEBAGAI MEDIA HIBURAN TERHADAP MAHASISWA UIVERSITAS NEGERI MALANG

MUHAMMAD ZAKARIA

Abstrak


ABSTRAK

Zakaria, Muhammad. 2016. Pengaruh Game Online sebagai Media Hiburan Terhadap Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant., M.A. (II) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf, M.A., Ph.D.

Kata Kunci: Game Online, Mahasiswa, Motivasi

 Manusia merupakan makhluk yang membutuhkan hiburan. Game online merupakan salah satu media hiburan yang sekarang lagi berkembang. Perkembangan game online merubah manusia dalam mencari hiburan. Game sebagai teknologi berhubungan dalam membentuk budaya dan mempengaruhi perubahan sosial pada manusia. Perkembangan teknologi mempengaruhi bentuk permainan yang dimainkan oleh anak-anak/remaja yang berdampak pada kecanduan.

Rumusan masalah penelitian ini adalah, 1) Bagaimana sejarah perkembangan game online?, 2) Bagaimana popularitas game online?, 3) Bagaimana motivasi pecandu game online dalam bermain game online?, 4) Apa saja pengaruh game online terhadap mahasiswa pecandu game online?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Malang dengan dengan mahasiswa UM sebagai informan yang dipilih secara purposif. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi pendukung, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber.

Berdasarkan hasil analisis data ada beberapa kesimpulan sebagai berikut: pertama, Perubahan bentuk permainan karena adanya inovasi produsen game yang mengembangkan kualitas gamenya. Game modern sendiri merupakan penemuan baru(inovasi) berlanjut ke tahap discovery hingga tahap invention. penemuan tersebut merupakan salah satu faktor yang menyebabkan perubahan sosial dan kebudayaan pada manusia.

Kedua, game online populer karena merupakan media baru yang menarik minat manusia untuk bermain game dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi dan membentuk komunitas dalam game. kepopuleran game online didukung dengan tersebarnya game online melalui warnet yang banyak dibangun di Indonesia.

Ketiga, Motivasi bermain game online saat pertama kalinya merupakan sarana manusia dalam memenuhi kebutuhan rasa ingin tahu, selanjutnya ketika manusia sudah terbiasa bermain game online merupakan pemenuhan kebutuhan estetik.

Keempat, Bermain game online berdampak buruk terhadap fisik manusia dan dapat menyebabkan sakit seperti pusing, lemas, susut berat badan, mual, dehidarasi, dll. Secara psikis dan perilaku, bermain game online mempunyai pengaruh tergantung dari unsur game dan manusia yang bermain game tersebut.