SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Gawai Smartphone Terhadap Pembentukan Perilaku dan Kepribadian Anak Usia Sekolah Dasar

Jenny Ika Adhelia

Abstrak


ABSTRAK

Adhelia, Jenny Ika. 2016. Pengaruh Penggunaan Gawai Smartphone Terhadap Pembentukan Perilaku dan Kepribadian Anak Usia Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant., M.A (II) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf, M.A, Ph.D

Kata Kunci: Gawai Smartphone, Perilaku anak, Anak SD

Gawai smartphone mempunyai pengaruh yang positif negatif bagi manusia. Pengaruh negatif  teknologi mengurangi nilai moral dan sosial budaya dan berpengaruh pada pola perilaku masyarakat. Adanya kesadaran orang tua karena buruk akibat gawai smartphone, maka penting sekali bagi orang tua untuk menemukan solusi  untuk meminimalisir penggunaan gawai smartphone bagi anak sekolah dasar.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor yang menyebabkan anak SD menggunakan gawai smartphone, fungsi gawai smartphone bagi anak SD, bentuk perilaku kepribadian anak SD akibat penggunaan gawai smartphone, dan upaya orang tua dalam mengatasi dampak dan memperkenalkan gawai smartphone pada anak.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang merujuk pada perspektif penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis data dilakukan secara interaktif menurut Miles dan Huberman, Pengecekkan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Faktor yang mempengaruhi anak SD menggunakan gawai smartphone adalah faktor lingkungan, orang tua dan fasilitas yang ada pada gawai smartphone, (2) Fungsi utama gawai smartphonebagi anak SD yaitu sebagai hiburan, media sosial dan alat bantu dalam belajar,

(3) Perilaku positif pengguna gawai smartphone adalah anak SD lebih semangat belajar, sedangkan bentuk perilaku negatifnya ada anak SD yang kecanduan bermain gawai smartphoneberperilaku emosional, malas, kriminalitas, dan kurangnya bersosialisasi, (4) Strategi untuk mengatasi pengaruh negatif yaitu orang tua sering mengontrol anak dalam bermain gawai smartphone, memberi perhatian lebih untuk anak, mendampingi anak saat bermain gawai smartphone, dan orang tua memperkenalkan mainan tradisional kepada anak sebagai hiburan.

Saran bagi orang tua agar meningkatkan mutu dan peran orang tua dalam mendidik anak dalam perkembangan teknologi saat ini dan kedepannya. Anak SD hendaknya mampu menggunakan gawai smartphone dengan baik, permainan tradisional tidak dilupakan sebagai hiburan. Untuk Guru mata pelajaran IPS diharapkan mampu mengajarkan bagaimana menggunkan gawai smartphone secara baik kepada siswa, Selain itu lebih mengembangkan pembelajaran tentang penyimpangan sosial yang diakibatkan oleh teknologi.Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu menemukan cara agar gawai smartphonedapat berpengaruh positif pada anak, dan membahas peran lembaga lainnya dalam mengatasi dampak gawai smartphone di kalangan anak SD dengan menggunakan perspektif penelitian yang berbeda.