SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Dunia Gemerlap Sebagai Gaya Hidup Mahasiswa Dan Mahasiswi Di Kota Malang

Diah Ayu Kusuma Ratri

Abstrak


ABSTRACT

 

Ratri, Diah Ayu Kusuma. 2016. Dunia Gemerlap Sebagai Gaya Hidup Mahasiswa Dan Mahasiswi Di kota Malang (Sebuah Konstruksi sosial). Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant, M.A (2) Dr. I Nyoman Ruja, S.U,

Kata Kunci : Dunia Gemerlap, Gaya hidup, remaja.

Kota Malang atau yang disebut dengan kota pelajar memiliki keberagaman universitas baik negeri maupun swasta yang sangat diminati para pelajar untuk meneruskan study di sebuah Universitas. Banyaknya urbanisasi yang berada di Malang, memunculkan sarana kos dan kontarakan untuk para mahasiswa sebagai tempat tinggal sementara. Keberadaan kos dan kontrakan menjadikan hal baru terhadap mahasiswa, tidak adanyanya kontrol orang tua secara langsung dan kebebasan yang mereka miliki dapat mengakibatkan pengaruh yang cukup buruk bagi mahasiswa, terlebih lagi mahasiswa merupakan golongan remaja yang masih rentan terpengaruh dengan hal-hal yang bersifat negatif.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apa motivasi mahasiswa dan mahasiswi melakukan kegiatan Dugem? (2) Apa saja kegiatan yang dilakukan mahasiswa dan mahasiswi saat dugem? (3) bagaimana dampak yang ditimbulkan mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki gaya hidup dugem? (4) Apa makna dugem bagi mahasiswa dan mahasiswi?

Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan penyebab maupun pengaruh Mahasiswa dan Mahasiswi memasuki dunia gemerlap di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai instrumen kunci. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, dengan subjek dan informan penelitian terbagi menjadi informan kunci dan informan pendukung yang dipilih secara purposif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan ialah tahap persiapan, tahap rancangan penelitian, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penyebab mahasiswa dan mahasiswi memasuki dugem dikarenakan motivasi ajakan teman, sehingga membentuk 2 (dua) motivasi yakni internal meliputi melepas kepenatan dan rasa jenuh, rasa penasaran dan keinginan untuk mencoba, serta untuk menjadi manusia yang modern dan gaul. untuk eksternal ajakan teman,tugas kuliah yang menyita waktu bermain, serta adanya iklan event club malam. Kurangnya komunikasi dengan orang tua mengakibatkan remaja merasa bebas tanpa adanya kontrol dari orang tua, selain itu keberadaan teman sebaya menjadikan faktor remaja mudah terpengaruh hal negatif.Salah satu hal negatif di dalam pergaulan remaja adalah mengunjungi tempat dugem atau yang disebut dunia gemerlap. Remaja yang mengikuti arus dunia gemerlap hanya sekerdar untuk mencari hiburan.

 

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, saran yang bisa diberikan bagi peneliti selanjutnya adalah bagi penelitian selanjutnya yang hendak maupun mengembangkan penelitian serupa, disarankan untuk melakukan penelitian mengenai dunia gemerlap dengan menggunakan subjek yang lebih beragam dengan menggunakan interaksi simbolik.