SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Dampak Sosial Prostitusi Terhadap Kehidupan Masyarakat di Lingkungan Tretes Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan dan Implikasinya dalam Pendidikan IPS di SMP/MTs

Afri Rachmad Fauzi

Abstrak


ABSTRAK

Fauzi, Afri Rachmad. 2016. Dampak Sosial Prostitusi Terhadap Kehidupan Masyarakatdi Lingkungan Tretes Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan dan Implikasinyadalam Pendidikan IPS di SMP/MTs.Skripsi. Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant., M.A. (II) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf, M.A., Ph.D.

Kata Kunci:dampak sosialprostitusi,kehidupan masyarakat, Lingkungan Tretes.

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki berbagai jenis pariwisata. Wisata komersial merupakan salah satu jenis pariwisata yang dikenal saat ini karena dapat menyebabkan banyak orang datang untuk berkumpul. Oleh sebab itu, muncul berbagai macam kebutuhan di daerah pariwisata seperti jasa pelayanan seksual melalui praktik prostitusi terselubung di Lingkungan Tretes Kelurahan Prigen Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan.

Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana sejarah keberadaan prostitusi di Lingkungan Tretes Kelurahan Prigen Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan?2) Bagaimana dampak sosial prostitusi terhadapkehidupan masyarakat di Lingkungan Tretes Kelurahan Prigen Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan? 3) Bagaimanaupaya penanganan dampak sosial prostitusi di Lingkungan Tretes Kelurahan Prigen Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan 4) Bagaimana implikasi dampak sosial prostitusidi Lingkungan Tretes Kelurahan Prigen Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan dalamPendidikanIPS diSMP/MTs?

Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif deskriptifdan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode triangulasi digunakan untuk mengecek keabsahan data.Kegiatan analisis data terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh empat kesimpulan penelitian sebagai berikut: Pertama,sejarah keberadaan prostitusi di Lingkungan Tretes berawal dari dijadikannya Prigen sebagai daerah peristirahatan pada zaman penjajahan Belanda, sehingga muncul jasa pijat yang berkembang menjadi praktik prostitusi. Prostitusi itu pernahmarak pada dekade tahun 1980 hingga 1990-an.

Kedua,dampak sosial prostitusi mencakup pandangan masyarakat Tretes terhadap prostitusi, pandangan masyarakat luar terhadap masyarakat Tretes, manfaat prostitusi terhadap kegiatan ekonomi, dampak prostitusi terhadap kondisi kesehatan dan keberlangsungan rumah tangga masyarakat Tretes, serta dampak prostitusi terhadap perilaku remaja Tretes.

Ketiga, upaya penanganan dampak sosial prostitusi mencakup strategi adaptasi masyarakat Tretes serta upaya penanganan dalam bidang hukum, kesehatan, dan sosial yang dilakukan oleh beberapa pihak terkait.

Keempat, materi penyimpangan sosial terutama sub materi kenakalan remaja dalam bentuk perilaku seksual di luar nikahmerupakan implikasi dampak sosial prostitusi di Lingkungan Tretes dalam pembelajaran IPS di SMPNegeri 1 Prigen dan SMP Sejahtera Prigen yang diajarkan Ibu Indah dan Bapak Chotib.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, saran yang dapat diberikanbagi peneliti selanjutnya adalah dapat menjelaskan mengenai interaksi sosial antara PSK dengan masyarakat yang tinggal di Lingkungan Tretes.