SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kehidupan Penambang Batu Kapur di Desa Sumberjati Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar

Nove Rizqi Faruq

Abstrak


ABSTRAK

Faruq, Nove Rizqi. 2016. Kehidupan Penambang Batu Kapur di Desa Sumberjati

Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Skripsi, Pendidikan IPS,

Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(1) Dr. I Nyoman Ruja, S.U., (II) Drs. Soetjipto, SH., M.Pd.

Kata Kunci: Penambang, Batu Kapur, Sumberjati

Blitar bagian selatan merupakan daerah pegunungan batu kapur. Masyarakat memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia di lingkungannya untuk melakukan kegiatan pertambangan. Masyarakat Desa Sumberjati sebagian berprofesi menjadi penambang batu kapur sebagai pekerjaan utama dan ada pula yang menjadikan pertambangan batu kapur sebagai pekerjaan sampingan. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin meneliti tentang kehidupan penambang batu kapur dari aspek sosial, ekonomi, dan budaya.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana karakteristik penambang batu kapur di Desa Sumberjati Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar? (2) Bagaimana latar belakang pembukaan pertambangan batu kapur di Desa Sumberjati Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar? (3) Bagaimana kehidupan ekonomi, kehidupan sosial, dan kehidupan budaya penambang batu kapur di Desa Sumberjati Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian terletak di Desa Sumberjati Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Subjek penelitian yaitu informan kunci yang dipilih secara purposif. Prosedur pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. AnĂ¡lisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi.

Hasil penelitian dari kehidupan penambang batu kapur di Desa Sumberjati Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar yaitu penambang batu kapur memiliki karakteristik yaitu jenis kelamin, usia, dan pendidikan. Pembukaan pertambangan batu kapur di Desa Sumberjati Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar dilatarbelakangi oleh ketersediaan sumber daya alam di desa dan sudah turun-temurun merupakan warisan dari generasi ke generasi.

Kehidupan sosial penambang batu kapur di Desa Sumberjati yaitu membantu warga desa untuk memperoleh lapangan pekerjaan. Selain itu kehidupan penambang batu kapur bidang ekonomi yaitu membantu meningkatkan pendapatan warga desa. Kemudian kehidupan bidang budaya yaitu para penambang batu kapur meningkatkan solidaritas antar warga dan keakraban terjalin antar warga desa dengan baik.

Saran untuk penambang batu kapur yaitu sebaiknya batu kapur dapat diolah lebih lanjut menjadi kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi misalnya pot, gips, vas, topeng, dan sebagainya. Saran kepada peneliti selanjutnya yaitu agar meneliti daerah pendistribusian pertambangan batu kapur serta keberlanjutan pertambangan batu kapur.