SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

“RIMBA PERSILATAN HARIMAU PUTIH” (STUDI ETNOGRAFI DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DI DUSUN SUMBER MLATEN KELURAHAN KALIREJO KECAMATAN LAWANG)

Fionny Khairunnisa

Abstrak


ABSTRACT

 

Khairunnisa, Fionny. 2016. “Rimba Persilatan Harimau Putih”

(Studi Etnografi dan Nilai-nilai Pendidikan di Dusun Sumber Mlaten Kelurahan Kalirejo Kecamatan Lawang). Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. GM. Sukamto M.Pd, M.Si, (II) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant, M.Ant.

Kata Kunci: “Rimba Persilatan Harimau Putih”, Etnografi, Nilai Pendidikan, Kecamatan Lawang

Kabupaten Malang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Ibukota Kecamatan yang cukup besar di Kabupaten Malang antara lain Lawang, Singosari, Turen, dan  Kepanjen. Kecamatan Lawang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Malang. Potensi budaya lokal yang terdapat di Kecamatan Lawang salah satunya adalah “Rimba Persilatan Harimau Putih” yang berada di Dusun Sumber Mlaten Kelurahan Kalirejo Kecamatan Lawang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah latar belakang berdirinya “Rimba Persilatan Harimau Putih” di Dusun Sumber  Kelurahan Kalirejo Kecamatan Lawang? (2) Bagaimanakah karakteristik “Rimba Persilatan Harimau Putih” di Dusun Sumber Mlaten Kelurahan Kalirejo Kecamatan Lawang? (3) Apa saja nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kesenian “Rimba Persilatan Harimau Putih” di Dusun Sumber Mlaten Kelurahan Kalirejo Kecamatan Lawang?

Penelitian ini menggunakan studi etnografi dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian terletak di Dusun Sumber Mlaten Kelurahan Kalirejo Kecamatan Lawang. Prosedur pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Model analisis data menggunakan model analisis Miles & Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil yaitu (1) latar belakang berdirinya “Rimba Persilatan Harimau Putih” di Dusun Sumber Mlaten Kelurahan Kalirejo Kecamatan Lawang adalah menyesuaikan atau mengadaptasi dari sejarah Dusun Sumber Mlaten (2) karakteristik “Rimba Persilatan Harimau Putih” di Dusun Sumber Mlaten Kelurahan Kalirejo Kecamatan Lawang yaitu terdapat logo yang berbentuk bulat dengan kepala harimau putih, penganut aliran kebatinan kejawen, terdapat teknik dasar pencak silat yang dimiliki oleh “Rimba Persilatan Harimau Putih”, terdapat dua ritual khusus sebelum dimulai yaitu ritual pamit dan ritual suguh, properti yang digunakan yaitu kostum dan seperangkat alat musik (3) nilai-nilai yang terdapat dalam kelompok seni “Rimba Persilatan Harimau Putih”  antara lain nilai religius, nilai jujur, nilai kerja keras, nilai tanggung jawab, dan nilai peduli sosial yang dapat diimplementasikan pada pembelajaran IPS di SMP/MTs terutama kelas VII pada KD 3.4.

 

Saran bagi peneliti selanjutnya dapat menggali tentang pencak silat “Rimba Persilatan Harimau Putih” dengan menggunakan perspektif  penelitian yang berbeda. Peneliti selanjutnya juga dapat  menfokuskan penelitiannya pada eksistensi atau sejarah perkembangan kelompok seni “Rimba Persilatan Harimau Putih” dari awal terbentuknya hingga saat ini.