SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Mojokerto

Herdianna Indawati

Abstrak


ABSTRAK

Indawati, Herdianna. 2019. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Mojokerto. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muhardjito, M.S., (2) Sugiyanto, S.Pd., M.Si.

Kata Kunci: IPA, strategi pembelajaran inkuiri, kemampuan berpikir tingkat tinggi

Pembelajaran IPA di SMP menekankan proses kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dapat dilatih dan ditingkatkan dengan strategi pembelajaran inkuiri. Strategi pembelajaran inkuiri dapat memfasilitasi siswa dalam meningkatkan kemampuan dalam menganalisis, mengevaluasi, serta mencipta suatu permasalahan pada materi menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari menjadi lebih baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Penelitian ini merupakan Quasi Experimental dengan pretest-postest control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu VIII G sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dan VIII F sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen di SMP Negeri 4 Mojokerto. Teknik yang digunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang menetapkan ciri khusus sesuai tujuan penelitian, sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan dari penelitian yang dilakukan. Kelas yang digunakan memiliki kemampuan kognitifnya setara antara kelas kontrol dan kelas eksperimen berdasarkan guru IPA. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Analisis data meliputi uji kemampuan pada data pretest dan posttest.

Hasil Penelitian yang didapat bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Rata-rata nilai kelas eksperimen setelah diberi perlakuan yaitu 89,750 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata 65,125. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan strategi pembelajaran inkuiri berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Mojokerto pada materi menganalisis konsep getaran, gelombang dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional.