SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar IPA Berpendekatan Saintifik untuk Kegiatan Menganalisis Konsep Energi bagi Kelas VII SMP/MTs

Mahdia Savira

Abstrak


ABSTRAK

Mahdia, Savira. 2019. Pengembangan Bahan Ajar IPA Berpendekatan Saintifik untuk Kegiatan Menganalisis Konsep Energi bagi Kelas VII SMP/MTs. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Sugiyanto, S.Pd, M.Si, (2) Agung Mulyo Setiawan, S.Pd, M.Si.

Kata Kunci: bahan ajar berpendekatan saintifik, menganalisis konsep energy Hakikat IPA  

diartikan sebagai ilmu pengetahuan alam yang mempelajari fenomena-fenomena alam melalui metode ilmiah yang menghasilkan produk ilmiah. Pembelajaran IPA yang sesuai dengan kurikulum 2013 mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan observasi yang dilakukan di salah satu SMP di Kota Malang, guru belum sepenuhnya mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran yang berlangsung. Pengembangan bahan ajar berpendekatan saintifik untuk kegiatan menganalisis diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi dan membantu guru untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Tujuan penelitian pengembangan yang dilakukan adalah menghasilkan bahan ajar IPA berpendekatan saintifik untuk menganalisis konsep energi bagi kelas VII SMP/MTs yang valid dan layak digunakan.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Penelitian dilakukan hingga tahap develop, dikarenakan peneliti bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar. Pada tahap pengembangan, dilakukan validasi oleh validator ahli materi dan validator ahli media pada bahan ajar yang telah dikembangkan. Sedangkan uji keterbacaan terbatas dilakukan oleh tiga guru IPA SMP dan sepuluh siswa SMP. Data penelitian yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil persentase dan data kualitatif berupa komentar dan saran yang diberikan oleh subjek uji coba. Data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa angket validasi dan angket uji keterbacaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan rata-rata dan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan buku siswa sebesar 98%, dan kelayakan buku siswa mendapatkan persentase sebesar 99%. Persentase kelayakan materi sebesar 100%. Uji keterbacaan guru diperoleh sebesar 97%, sedangkan uji keterbacaan siswa sebesar 96%. Secara keseluruhan, bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan kriteria sangat valid dan sangat layak