SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Penguasaan Konsep dan Kreativitas pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM Materi Pencemaran Lingkungan

Triskarevi Risty Raharjo

Abstrak


RINGKASAN

Triskarevi, Risty R. 2019. Analisis Penguasaan Konsep Dan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sentot Kusairi, M.Si., (2) Erni Yulianti, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : STEM, penguasaan konsep, kreativitas

Kreativitas merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan oleh siswa dalam berinovasi untuk menghadapi perkembangan teknologi. Melibatkan siswa secara aktif pada pembelajaran yang menghasilkan produk mempermudah siswa dalam meningkatkan kreativitas. Pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, memudahkan siswa dalam menguasai konsep. Pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari mampu meningkatkan penguasaan konsep dan kreativitas siswa sehingga materi yang sesuai yaitu materi pencemaran lingkungan.

Melalui pendekatan pembelajaran STEM, siswa dilatih untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kreativitas. Pembelajaran STEM diprediksi dapat meningkatkan kreativitas dan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan penguasaan konsep dan kreativitas siswa dengan menerapkan pembelajaran STEM.

Jenis penelitian adalah embedded mixed methods dengan dua jenis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah 35 siswa kelas VII H semester genap SMPN 3 Singosari 2018/2019. Penelitian ini menggunakan satu kelas dan siswa belajar dengan pendekatan STEM. Instrumen penelitian terdiri atas Silabus, RPP, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal penguasaan konsep, dan soal kreativitas. Penguasaan konsep diukur dengan tes objektif. Analisis data penguasaan konsep menggunakan uji-t, uji lanjut menggunakan N-gain dan d-effect size. Kreativitas diukur dengan tes yang diadaptasi dari TTCT. Analisis data kreativitas menggunakan uji-t, uji lanjut menggunakan N-gain dan d-effect size.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat perubahan penguasaan konsep dan kreativitas siswa. Pertama, pada penguasaan konsep menunjukkan hasil paired sample t-test sebesar 0,000, maka terdapat perbedaan hasil pretest dan posttest. Uji  N-gain diperoleh hasil 0,467 yang tergolong kategori medium atas. Uji d-effect size sebesar 4,309 yang termasuk kategori sangat besar. Kedua, hasil perhitungan uji Wilcoxon sebesar 0,000, nilai tersebut kurang dari 0.05 dikatakan signifikan. Uji N-gain memperoleh hasil 0,4328 yang tergolong kategori medium bawah. Uji d-effect size memperoleh hasil 3,593 yang termasuk kategori lebih besar dari standar. Perubahan penguasaan konsep dan kreativitas siswa juga dipengaruhi oleh langkah-langkah pada pendekatan STEM. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penguasaan konsep dan kreativitas siswa mengalami perubahan setelah melakukan pembelajaran dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM).