SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekosistem berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah, Keterampilan Ilmiah, dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas 7 SMPN 1 Ngebel

Herdiana Lilis Eka

Abstrak


RINGKASAN

Herdiana, Lilis Eka. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekosistem Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah, Keterampilan Ilmiah, dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMPN 1 Ngebel. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Novida Pratiwi, S.Si., M.Sc. (II) Dr. Muhardjito, M.S.

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, inkuiri terbimbing, sumber belajar

Pembelajaran IPA merupakan kegiatan pembelajaran tentang fenomena yang ada di alam. Pembelajaran IPA yang sesuai dengan kurikulum 2013 mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan wawancara bersama salah satu guru SMP Negeri 1 Ngebel, pembelajaran belum pernah memanfaatkan sumber belajar lingkungan sekitar sekolah.

Pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dan memanfaatkan lingkungan Telaga Ngebel yang lokasinya sangat dekat dengan sekolah, diharapkan dapat memberikan pengalaman mendalam bagi siswa sehingga pembelajaran bermakna dan menyenangkan.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Data penelitian yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari penskoran hasil validasi perangkat pembelajaran dan data kualitatif diperoleh dari komentar serta saran yang diberikan oleh validator dan siswa. Validasi dilakukan oleh dua validator, yaitu ahli perangkat pembelajaran dan praktisi lapangan. Subjek uji coba perangkat pembelajaran yaitu siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Ngebel dengan jumlah siswa sebanyak 32.

Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan valid dan layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Rincian skor hasil validasi silabus sebesar 93,8%, RPP sebesar 94.0%, instrumen penilaian sebesar 97.6%, LKS sebesar 85.4%, dan Handout sebesar 90.6%. Hasil uji coba perangkat pembelajaran menujukkan rata-rata nilai sikap ilmiah siswa 94,2 dengan kategori tinggi, keterampilan ilmiah siswa sebesar 82,3 dengan kategori tinggi, dan pemahaman konsep siswa sebesar 83,6 dengan kategori tinggi. Hasil kepraktisan perangkat pembelajaran menunjukkan nilai 97% yang berarti pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan terlaksana dengan baik.