SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran dengan Pemodelan pada Materi Mata dan Penglihatan untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Kelas VIII

Marfuah Nurul Umi

Abstrak


RINGKASAN

Marfuah, Nurul Umi. 2019. Pembelajaran dengan Pemodelan pada Materi Mata dan Penglihatan untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Kelas VIII. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sutopo, M.Si., (II) Erni Yulianti, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Pembelajaran dengan pemodelan, penguasaan konsep, mata dan penglihatan

Pembelajaran dengan pemodelan (Modeling Instruction) adalah pembelajaran yang menekankan pada penerapan model dari fenomena fisik secara konseptual. Pembelajaran dengan pemodelan menuntut siswa mengembangkan model, menguasai konsep, dan menerapkan konsep pada suatu fenomena. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pemodelan terhadap penguasaan konsep siswa pada materi mata dan penglihatan.

Metode penelitian menggunakan rancangan embedded mixed methods. Penelitian ini menggunakan data kualitatif berupa hasil observasi proses pembelajaran, jawaban lembar kerja siswa, serta hasil wawancara dengan siswa, sedangkan data kuantitatif berupa hasil pretest dan posttest siswa. Subyek penelitian siswa kelas VIII H SMPN 1 Kepung tahun ajaran 2018/2019 semester 2 yang terdiri dari 32 siswa. Soal tes terdiri dari 11 soal pilihan ganda. Analisis data kualitatif digunakan untuk mengetahui kekuatan dampak penggunaan pembelajaran dengan pemodelan dalam peningkatan penguasaan konsep siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai d-effect size sebesar 3,59 termasuk dalam kategori tinggi sekali, dan N-gain 0,80 termasuk dalam kategori tinggi. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan pemodelan pada materi mata dan penglihatan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas VIII.